Kura-kura Cherryhead Si Kura-kura Berkaki Merah

Nakama Aquatics – Kamu tahu bukan dengan kura-kura Cherryhead? Mungkin kalau kamu nggak terlalu mendalami kura-kura, bisa jadi masih agak asing di telinga kamu. Tapi buat kamu yang sudah sering berkecimpung di dunia kura-kura khususnya kura-kura darat, pasti sudah familiar.

Kura-kura Cherryhead itu hebat lho, bayangin aja, ia mampu hidup selama lebih dari 50 tahun. Yah walaupun umurnya bakal dipengaruhi oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah habitat aslinya, ancaman dari pemangsanya, genetik, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Tapi biasanya nih kalau di lingkungan buatan seperti penangkaran atau dipelihara sendiri, rentang umur kura-kura Cherryhead bakal lebih panjang lho! Mantap kan?

Ngomong-ngomong, ia punya nama lain lho yaitu Red-footed Tortoise.

Kamu semakin penasaran dengan kura-kura yang satu ini? Yuk Simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Subordo : Cryptodira

Famili : Testudinidae

Genus : Chelonoidis

Spesies : C. carbonarius

Nama Latin/Ilmiah : Chelonoidis carbonarius

Sumber gambar : marylandzoo.org

Bentuk Fisik

Sumber gambar : Atlas Aquatics

Di sebuah daratan yang dipenuhi oleh tanaman-tanaman hijau. Ada seekor kura-kura darat yang sangat keren. Ya, ia adalah kura-kura Cherry Head.

Memangnya seperti apa sih ciri-ciri kura-kura ini? Mereka memiliki karapas berwarna gelap, berbentuk seperti roti di kulit belakangnya dengan tambalan yang lebih ringan di tengah setiap sisik.

Sedangkan ada beberapa bagian anggota tubuhnya yang punya warna cerah mulai dari kuning pucat hingga merah tua. Perbedaan warna tersebut ternyata bergantung dari penyebaran di daerahnya masing-masing. Jadi bisa dibilang, beda daerah penyebaran, beda pula warnanya.

Kalau berbicara mengenai ukuran tubuh, kura-kura Cherryhead ternyata mampu tumbuh hingga 50 cm lho!! Walaupun rata-rata hanya sekitar 35 cm saja untuk panjang kerapasnya.

Penyebaran wilayah

Sumber gambar : zoosafariusa.org

Kura-kura Cherryhead menyebar luas dari Panama tenggara ke Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana di utara, sepanjang Andes ke barat di Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, timur ke Brasil, epanjang rentang selatan di Bolivia, Paraguay, hingga Argentina utara.

Mereka ini sebenarnya tidak terdistribusi secara merata lho. Contohnya nih, mereka biasanya jarang ditemukan di Brasil tengah atau di daerah berhutan lebat. Lalu yang lebih parah adalah sudah sejak tahun 1985, kura-kura Cherryhead liar terakhir kali didkoumentasikan di Peru.

Bahkan kura-kura Cherryhead juga ditemukan di beberapa Kepulauan Karibia lho, yah meskipun tidak terlalu jelas apakah mereka asli dari sana atau bisa jadi dibawa oleh manusia. Kalau menurutmu bagaiamana? Apakah kepulauan Karibia termasuk penyebaran wilayahnya? Tulis di kolom komentar ya.

Makanan

Sumber gambar : tortoisetown.com

Kura-kura Cherryhead biasanya pemakan yang bersemangat lho, alias jarang menolak makan. Untuk kura-kura yang dewasa, kamu bisa memberikannya variasi makanan mulai dari berbagai buah, sayuran, bunga dan daun.

Mereka juga mau lho memakan daun mulberry, daun anggur, daun kembang sepatu dan bunga. Bahkan yang unik lagi nih, beberapa penghobi juga menawarkan kura-kura ini makanan berupa serangga dan cacing tanah sebagai sumber makanan tambahan. Jadi bisa dibilang, kura-kura Cherryhead termasuk omnivora ya.

Lalu yang nggak kalah penting adalah soal minum. Kalau kamu ingin memelihara kura-kura ini, sebaiknya sediakan wadah kecil atau piring cekung yang fungsinya untuk menaruh air. Dan tentunya air ini nanti untuk kebutuhan minum si kura-kura Cherryhead.

Habitat & karakteristik

Sumber gambar : sfzoo.org

Kalau kita berbicara mengenai habitat kura-kura Cherryhead, habitat yang disukainya agak bervariasi tergantung wilayahnya, tetapi umumnya sih mencakup tempat dengan kelembaban tinggi dan banyak curah hujan, meskipun beberapa daerah bisa saja cukup kering.

Kura-kura Cherryhead sering ditemukan di atau dekat daerah transisi antara hutan dan sabana, tepi kayu, atau di sepanjang saluran air.

Di air dangkal, kura-kura Cherryhead biasanya segara minum air tersebut dan menyiram tubuh mereka pada saat yang bersamaan. Kalau kamu merawat kura-kura ini, kamu bisa merendamnya di luar selungkup di air dangkal yang agak hanya setiap2x seminggu. Berapa lama? Cukup 15 hingga 30 menit agar kura-kura Cherryhead tidak dehidrasi.

Temperamen

Sumber gambar : tortoisesource.com

Temperamen dari kura-kura Cherryhead sebenarnya relatif jinak. Sebagai kura-kura darat, ia sangat bersahabat bila bermain bersama manusia. Umumnya, kura-kura yang satu ini sangat aman bermain dengan anak kecil. Bagaimana? Kamu tertarik juga bermain dengannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *