African Lungfish Si Ikan yang Tahan Nggak Makan Selama 3 Tahun

Nakama Aquatics – Pernah kepikiran nggak sih kamu kalau ada lho ikan yang tahan nggak makan alias puasa selama 3 tahun. Wiihh hebat banget ya? Ikan apakah itu? Namanya adalah African Lungfish alias West African Lungfish. Tapi ia juga punya nama lain lho yaitu Tana Lungfish.

Bentuknya elegan seperti belut tapi ada kakinya, coraknya yang eksotis, dan juga tampangnya yang garang sekaligus lucu. Tentu menjadikan daya tarik tersendiri bagi ikan yang satu ini. Seperti apakah seluk beluknya? Kamu penasaran?

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Lepidosireniformes

Famili : Protopteridae

Genus : Protopterus

Spesies : P. annectens

Nama Latin/Ilmiah : Protopterus annectens

Sumber gambar : Nature Conservancy

Bentuk fisik

Sumber gambar : animalspot.net

Jika kita berbicara mengenai bentuk fisik, African Lungfih memiliki moncong yang menonjol dan mata yang kecil. Lalu tubuhnya panjang lumayan panajng, mirip deh seperti belut. Sekitar 9–15 kali dari panjang kepalanya.

Meski mirip-mirip dengan belut, tentu ada yang membedakan ikan ini dengan belut. Apa itu? Jawabannya adalah 2 pasang siripnya yang menyerupai kaki. Untuk Lungfish yang ini yaitu jenis African Lungfish, siripnya tampak seperti akar. Biasanya ia gunakan untuk berjalan di dasar air sert amengeksplor wilayah sekitarnya.

Yang uniknya lagi, ada 3 insang eksternal baik di sisi kiri maupun kanan tubuhnya. Oh iya, kulit African Lungfish ini ditanami yang namanya sisik sikloid.

Coba kamu lihat, warna tubuh African Lungfish adalah zaitun atau coklat pada sisi punggung. Sedangkan untuk bagian sisi perut biasanya cenderung lebih cerah. Di sekujur tubuhnya terdapat bintik-bintik kehitaman atau kecokelatan kecuali pada perutnya.

Memangnya bisa sepanjang apa sih African Lungfish? Kamu tahu? Ukuran tubuhnya dapat mencapai panjang sekitar 1 meter di alam liar. Wow cukup besar juga ya ternyata. Bagaimana menurutmu?

Penyebaran wilayah

Sumber gambar : Zoo Leipzeig

Mengenai penyebaran wilayah, African Lungfish tersebar luas. Ia dapat ditemukan di Sierra Leone, Guinea, Togo, Pantai Gading, Kamerun, Niger, Nigeria, Burkina Faso, Gambia, Ghana, Republik Afrika Tengah, Chad, Benin, Senegal, Kenya, Mali, dan Sudan.

Makanan

Sumber gambar : Tsammalex

Ada fakta menarik nih, ternyata African Lungfish tidak bersifat karnivora, melainkan bersifat omnivora. Ia bisa memakan ikan, kerang, amfibi bahkan beberapa jenis tanaman. Wow kamu pasti baru menyangka kan kalau ternyata ia bisa makan tanaman.

Jadi kamu nggak perlu pusing deh kalau kamu merawat ikan ini. Kamu bsia memeberinya makanan berupa udang, ikan kecil seperti Nila, Lele, dan lainnya. Sebagai alternatif, kamu bisa memberikannya wafer ganggang.

Kemudian yang bakal bikin kamu terkejut adalah, mengutip dari situs resmi Seriously Fish, African Lungfish tidak membutuhkan makanan setiap hari dan justru sebenarnya ia bisa hidup tanpa makanan sama sekali selama lebih dari 3 tahun. Wow!! Gila nggak tuh? Mantap kan?

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : biolib.cz

Lalu dimana sih habitat dari African Lungfish ini? Nah, biasanya ia menghuni dataran banjir sementara yang benar-benar kering untuk sebagian tahun. Bisa juga ia ditemukan di rawa-rawa. Kamu pasti sudah paham kan? Apalagi jika kamu sering melihat film dikomenternya di Nat Geo WILD.

Mengenai karakteristiknya, ikan yang satu ini cenderung diam dan hanya bergerak untuk 3 alasan saja. Apa itu? Yang pertama adalah jika ia sedang mencari mangsa yang cocok. Kemudian yang kedua adalah untuk mengambil nafas di permukaan. Dan yang ketiga adalah untuk sekedar mengeksplor keadaan sekitarnya.

Temperamen

Sumber gambar : Alchetron

African Lungfish itu lebih baik disimpan sendiri dalam sebuah akuarium dan jangan dicampur dengan ikan apapun. Yah meskipun ada beberapa penghobi yang memang memelihara African Lungfish dengan spesies Lungfish besar lainnya, tetapi ini sangat berisiko ya, jangan ditiru.

Meski tampak kalem, temperamen Lungfish tidak dapat diprediksi dan dapat menggigit tubuh ikan lain sesuka hati. Jadi jangan kaget kalau kamu nekat mencampur dengan ikan lain seperti ikan Barb contohnya, eh tiba-tiba besoknya udah tak bernyawa karena setengah badannya hilang karena digigit African Lungfish. Ngeri kan? Makanya dipelihara sendirian aja deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *