3 Tips Rahasia Mencerahkan Warna Ikan Peacock Bass

Nakama Aquatics – Sebagai pecinta ikan hias, sudah sewajarnya kita menginginkan yang terbaik bagi ikan hias yang kita rawat. Termasuk ikan yang satu ini nih, yaitu ikan Peacock Bass.

Sekilas, Peacock Bass adalah satu jenis ikan predator yang memiliki corak warna yang sangat indah. Tapi sebenarnya indahnya warna tergantung kondisi lingkungannya, dalam hal ini tergantung bagaimana cara kita merawatnya.

Banyak informasi simpang siur mengenai tips-tips untuk mencerahkan warna ikan Peacock Bass ini nih. Tapi Nakama Aquatics akan memberikan 3 tips rahasia khusus buat kamu agar corak warna ikan Peacock Bass jadi lebih cerah dan indah. Oke? Apa saja itu? Yuk simak berikut!!

1. Memberi makan udang

Tips yang pertama adalah memberi ikan Peacock Bass makanan berupa udang. Kenapa kamu harus memberi makan udang kalau mau wanra coraknya bagus? Itu karena udang memiliki kandungan zat karotenoid yang bisa memicu warna cerah pada ikan ini.

Lalu udang seperti apa sih yang dibutuhkan? Kamu bisa membeli udang ini di tempat pasar tradisional biasanya kamu membeli kebutuhan makanan pokok. Kalau beli di pasar tradisional biasanya bakal lebih murah harga udangnya, tapi kalau kepepet bisa juga kamu beli di supermarket.

2. Menjaga kualitas air

Selanjutnya tips yang kedua adalah menjaga kualitas air agar tetap bagus. Sebenarnya agak susah mengukur seberapa air yang bagus itu, tapi kamu bisa mengusahakan semaksimal mungkin kok. Bagaimana caranya?

Kamu harus rajin menguras air sebanyak 30% dari total volumer air akuarium untuk setiap 2 harinya. Jadi dengan rajin mengganti atau menguras air, kualitasnya jadi lebih terjaga.

Tapi ingat, bukan berarti semua air akuarium dikuras atau diganti sekaligus langsung 100% ya. Bahaya, bisa kaget nanti ikan Peacock Bassnya. Sampai sini paham kan? Kalau masih ada yang bingung, segera tuliskan di kolom komentar.

3. Memelihara dalam jumlah banyak

Tips yang ketiga adalah memelihara ikan Peacock Bass dalam jumlah banyak di satu akuarium. Nah ini nih tips yang ketiga mungkin jarang sekali dibahas.

Kamu sebaiknya memelihara paling tidak 7-10 ekor ikan Peacock Bass dalam satu akuarium kalau mau warnanya bagus. Kenapa bisa begitu? Biasanya dalam jumlah yang lebih banyak mereka kadang-kadang agak iseng dan suka mengejar-ngejar satu sama lain tapi tidak sampai membahayakan kok.

Dengan saling mengejar satu sama lain biasanya tingkat stres serta moodnya bakal jauh lebih baik, dan itulah yang mempengaruhi corak warnanya. Semakin bagus moodnya, semakin bagus pula corak warnanya. Hayo ngaku, kamu baru tahu tips yang ketiga ini kan? Hehehe.

Nah itulah 3 tips rahasia mencerahkan corak warna ikan Peacock Bass. Bagaimana kamu sudah tidak sabar untuk menerapkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *