Kura-kura Byuku Si Reptil Imut Penghuni Sungai Kalimantan

Nakama Aquatics – Kalau kamu penggemar hewna kura-kura, pasti tidak asing lagi dengan kura-kura yang satu ini. Karena kura-kura ini berasal dari Indonesia lho.

Yup, inilah kura-kura Byuku, si reptil imut penghuni sungai di Kalimantan. Ia punya banyak nama lho seperti Bajuku, kura-kura Gading, kura-kura Sungai Kalimantan, Malaysian Giant Turtle, dan Bornean Giant Turtle. Wah banyak juga ya nama lainnya. Kalau nama ilmiahnya? Nama ilmiah kura-kura Byuku adalah Ortilia borneoensis.

Kamu semakin tertarik dan suka dengan kura-kura ini? Penasaran? Yuk simak berikut!


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Famili : Geoemydidae

Subfamili : Geoemydinae

Genus : Orlitia

Spesies : O. borneensis

Nama Latin/Ilmiah : Orlitia borneensis



Bentuk Fisik

Bentuk fisik kura-kura Byuku cukup unik lho. Kura-kura ini memiliki kepala rahang yang kuat kalau dilihat dari penampakkannya. Untuk yang dewasa biasanya berwarna cokelat atau hitam, sedangkan yang remaja berbintik-bintik gelap dengan garis pucat memanjang dari mulut sampai ke belakang kepala.

Kura-kura Byuku memiliki kerapas berbentuk oval dan halus kehitaman atau cokelat tua. Pada kura-kura Byuku dewasa, karapasnya lebih datar dan halus, sedangkan karapas remaja lebih bundar dan bergerigi. Nah jika berbicara mengenai ukuran tubuh, kerapa kura-kura ini dapat mencapai panjang hingga 80 cm dengan berat 50 kg. Besar juga ya?

Penyebaran wilayah

Kalau merujuk jurnal berjudul “Checklist of Chelonians of the World” yang ditulis oleh Fritz Uwe, kura-kura Byuku menyebar di Indonesia dan Malaysia. Beberapa sumber lain ada yang menyebut secara spesifik yaitu di Kalimantan.

Makanan

Tidak seperti kebanyakan spesies kura-kura lain pada umumnya, makanan kura-kura Byuku masih belum diketahui secara pasti. Tapi jiak dilihat dari struktur tubuhnya kemungkinan besar adalah herbivora. Bagaimana apakah kamu setuju dengan spekulasi ini?

Habitat & Karakteristik

Pernah nggak sih kamu berpikir dimana habitat dari kura-kura Byuku ini? Nah kura-kura ini biasnaya mendiami danau besar, rawa, dan sungai yang berarus lambat. Sesuai banget dengan tipe kura-kura Byuku yang merupakan kura-kura semi-akuatik.

Kalau berbicara karakteristik reptil yang satu ini, ia menyelam di dalam air begitu lama lho. Kenapa bisa begitu? Itu karena kura-kura Byuku memiliki ruang paru-paru yang terbungkus tulang. Nah tulang tersebutlah yang menahan dinding kerapas untuk membantu paru-parunya menahan tekanan bawah air.

Temperamen

Temperamen dari kura-kura Byuku belum diketahui secara pasti. Tapi dari video-video yang beredar terlihat kura-kura ini jinak jika dengan manusia. Ia telrihat seperti malu-malu dan bersembunyi di dalam kerapasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *