Gurame Sabah Si Ikan Gurame Raksasa dengan Ekor Merah

Nakama Aquatics – Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan ikan Gurame? Biasanya jika orang-orang mendengar kata ikan Gurame, mungkin yang terbesit dalam pikiran mereka adalah budidaya atau bisa jadi hanya sekedar dikonsumsi aja nih.

Kenapa bisa begitu? Karena ikan Gurame yang warnanya tidak terlalu mencolok, biasanya lebih cocok untuk dibudidayakan lalu dibuat untuk konsumsi nih alias dimakan. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata ada lho jenis ikan Gurame yang bisa dijadikan ikan hias? Yup, inilah Gurame Sabah!! Atau bahasa inggrisnya Giant Red Tail Gourami.

Seperti apa sih? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Anabantiformes

Famili : Osphronemidae

Genus : Osphronemus

Spesies : O. laticlavius

Nama Latin/Ilmiah : Osphronemus laticlavius

Bentuk Fisik

Jika digambarkan secara keseluruhan, bentuk fisik dari Gurame Sabah kurang lebih hampir sama seperti ikan Gurame pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah dari warna tubuhnya.

Gurame Sabah umunya bervariasi, mulai dari abu-abu biru hingga abu-abu hijau dan coklat Lalu biasanya semakin ke belakang tubuhnya, maka lebih gelap warnanya.

Sedangkan jika dilihat dari panajng tubuhnya, ikan ini dapat mencapai panajng hingga 50 cm lho. Bagaimana? Apakah menurutmu cukup besar untuk sekelas ikan hias air tawar?

Penyebaran wilayah

Yang bikin kamu terkejut adalah ternyata penyebaran wilayah dari ikan Gurame Sabah hanya 2 negara saja lho. Apa saja itu? Indonesia dan Malaysia. Hanya 2 negara itulah yang jadi distribusi wilayahnya.

Makanan

Mungkin kamu ada yang bertanya, sebenarnya makannya apas ih ikan Gurame Sabah? Nah sebenarnya Gurame Sabah hampir mau memakan apa pun yang bisa dimakan olehnya.

Contohnya seperti pelet, cacing beku, daun pepaya, daun singkong, bahkan hingga ikan kecil sekalipun. Tips nih buat kamu yang ingin memelihara ikan Gurame Sabah. Jika memberi makan ikan ini, sebaiknya kasih pakan berupa pelet dan dedaunan yaa seperti daun pepaya atau daun singkong. Kenapa? Karena ikan ini cenderung memiliki sifat herbivora.

Habitat & karakteristik

Kalau berbicara mengenai habitat, sebenarnya di berbagai literatur tidak ada data akurat yang secara pasti dimana habitat ikan Gurame Sabah. Tetapi diperkirakan ikan ini seirng ditemui di sungai yang bergerak lambat dan juga genangan air.

Mengenai karakteristiknya, bisa dilihat ketika dipelihara. Ikan ini cenderung diam di tempat dan sesekali ke atas permukaan air untuk meneguk udara.

Temperamen

Kamu tahu ngaak kalau Gurame Sabah itu akan makan ikan yang lebih kecil, api bakal damai dengan ikan besar lainnya? Unik kan?

Lalu beberapa ikan Gurame Sabah yang dewasa ada yang menjadi sangat agresif. Tapi tunggu dulu, ini karena biasanya sering disimpan di akuarium yang terlalu kecil. Jadi sibisa mungkin kamu beri banyak ruang ya.

Mungkin kamu bakal tanya lagi, ikan apa aja sih yang bsia digabung dengan ikan ini? Gurame Sabah ini dapat digabungkan satu akuarium dengan ikan seperti Belida Knifefish, Barb yang berukuran besar, Lele hingga Arwana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *