Ikan Koi Cocok Digabung Sama Siapa? Ini 7 Tankmate Buat Ikan Koi di Kolam (yang ke-5 boleh dicoba!!)

Nakama Aquatics – Jika kamu pecinta ikan hias, pasti tidak asing lagi dong dengan yang namanya ikan Koi. Ikan ini begitu diminati karena coraknya yang indah, bentuknya yang aduhai, serta bisa diajak bercengkrama dengan pemiliknya.

Tak jarang karena masalah selera, banyak yang lebih memilih untuk memelihara ikan Koi di kolam yang sangat luas. Karena kolam yang luas itulah, kadang ada yang merasa sangat hampa jika hanya diisi ikan Koi saja. Biasanya beberapa penghobi ada yang mencampurkannya dengan ikan lain. Ada juga yang menambahkan ikan-ikan lain dengan alasan yang lain pula.

Tapi tentu, dalam menggabungkan dengan ikan lain tidak bisa sembarangan. Ada yang cocok, ada juga yang tidak cocok bahkan cenderung berbahaya bagi si ikan Koi. Pertanyaannya, memang ikan apa saja yang cocok digabung dengan ikan Koi? Kamu penasaran? Yuk simak berikut adalah 7 tankmate yang cocok buat ikan Koi!!

1. Sumatera/Tiger Barb

Yang pertama ada ikan Sumatera atau Tiger Barb. Ikan Sumatera atau Tiger Barb bisa dibilang ikan dengan ukuran relatif kecil. Hanya sekitar 7-10 cm saja. Sangat jauh dibandingkan ukuran kolam yang sekian meter.

Meski ukurannya kecil, ikan ini sering digunakan lho untukmembersihkan lumut-lumut yang mengganggu. Dengan begitu kamu tidak perlu menggosok-gosok kolam yang berlumut, karena sudah ada pembersih alami yaitu si ikan Tiger Barb.

2. Red Tail Catfish

Ikan Koi memang sudah bagus dan cantik. Tapi akan lebih bagus lagi jika ditambahkan ikan seperti Red Tail Catfish. Ikan ini memang tidak punya corak sebagus Koi, tapi untuk sekelas ikan lele, sungguh eksotik sekali. Dengan kombinasi antara warna hitam, putih, dan juga merah.

Selain soal warna, ikan ini punya nafsu makan yang besar lho. Jadi kalau untuk seru-seruan, berinteraksi, atau mungkin sekedar mengenalkan ikanmu ke saudara dan tamu yang datang bisa juga. Tampak depan pun ikan ini begitu menggemaskan hingga dijuluki ikan “Doraemon”. Hahaha lucu ya, kamu tertarik dengan ikan ini?

3. Chinese High Fin Shark

Berikutnya yang ketiga adalah ikan Chinese High Fin Shark. Mungkin tidak banyak yang tahu soal ikan ini terutama bagi yang baru saja berkecimpung di dunia ikan hias.

Ikan ini begitu cocok ketika digabungkan dengan ikan Koi karena berguna untuk memakan lumut-lumut yang menempel di dalam kolam. Selain untuk membersihkan lumut, ia juga punya bentuk fisik yang lumayan lho. Dengan siripnya yang tinggi menjulang ke atas, tentu menjadikannya daya tarik tersendiri di kolam tersebut.

4. Pari Leopoldi

Kalau kamu suka ikan Pari, nah ini waktu yang tepat untuk merealisasikan apa yang kamu suka. Ternyata ikan Pari air tawar khususnya Pari Leopoldi bisa juga lho menjadi tankmate ikan Koi.

Dengan warna hitam dan totol-totol polkadotnya berwarna putih bikin suasana menjadi semakin adem dan sejuk ketika melihatnya. Belum lagi jika berada di kolam bersama ikan Koi, terasa ada kesan mewahnya.

Soal makanan pun tidak perlu ambil pusing. Kamu bisa kasih potongan udang atau bisa juga pelet tenggelam khusus ikan predator. Yang perlu diperhatikan adalah ketika merawat ikan ini bersama Koi, pastikan sistem filtrasinya mumpuni dan berjalan dengan baik ya.

5. Gurame

Yang kelima adalah ikan Gurame. Ikan ini memang sudah sangat umum untuk menjadi ikan hias. Dan memang juga cocok bila digabungkan bersama ikan Koi.

Tubuhnya yang besar tapi agak ramping, membuat elemen yang ada di kolam terasa semakin bervariasi dan lengkap. Belum lagi jika Gurami yang kamu rawat berukuran besar dan albino. Tentu bakal semakin mencolok dan bikin kolam kamu semakin keren

Soal makananan, tidak perlu dikhawatirkan karena ia cukup memakan pelet. Dan kalau hanya pelet, ia cukup numpang dengan ikan Koi saja. Tapi bila ingin variasi makanan, kamu juga bisa memberinya sayur-sayuran.

6. Genghis Khan

Ikan Genghis Khan ini sering disebut ikan Patin bagi yang biasanya masih awam dalam hal ikan hias. Ya sebenarnya tidak salah juga sih karena masih kerabat dekatnya. Soal ikan Patin dan kerabat dekatnya seperti Genghis Khan nanti kita bahas di video-video berikutnya ya.

Kali ini kita akan fokus membahas manfaat kalau kita menggabungkan ikan Koi dengan Genghis Khan. Ternyata yang paling terasa manfaatnya adalah ikan Genghis Khan itu suka berkeliling dan berputar-putar di area kolam.

Tentu di kolam yang sangat luas akan sangat menarik untuk dilihat. Walaupun memang warna fisik ikan ini didominasi warna hitam. Namun kalau kolam kamu bersih, bening, serta terpapar sinar matahari cerah tentu akan terlihat. Siripnya yang agak tinggi serta kebiasannya berputar-putar inilah yang membuatnya dijuluki ikan Hiu air tawar. Gokil kan? Pingin pelihara ikan ini?

7. Nila

Buat kamu yang punya budget terbatas, tidak masalah. Mungkin ikan Nila bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Selain harganya yang terjangkau, ikan Nila ini cenderung tahan banting dan mudah lhod alam merawatnya. Bahkan biasanya ia cukup numpang makan dari makanannya si ikan Koi.

Dalam sebuah kolam yang besar, lumayan kan jika ada ikan Nila gerombolan yang berenang ke sana kemari. Selain bikin pemandangan semakin indah, bisa menghilangkan stres tentunya. Iya nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *