Oxydoras Niger Si Ikan Lele Bertubuh Gergaji (tajam banget!!)

Nakama Aquatics – Siapa sih yang tidak tahu ikan lele? Ikan lele ternyata banyak macamnya lho. Salah satunya yang ini nih, Oxydoras Niger. Wah dari namanya saja sudah menyeramkan ya?

Selain itu, ikan ini juga punya nama lain lagi lho yaitu Ripsaw Catfish. Dari kata “Saw” yang artinya gergaji. Kenapa dibilang gergaji? Itu berhubungan dengan fisiknya yang dari sisi sampingnya terdapat duri-duri tajam berjejer. Makin penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Doradidae

Genus : Oxydoras

Spesies : O.niger

Nama Latin/Ilmiah : Oxydoras Niger

Bentuk Fisik

Kalau bentuk, mungkin kamu bisa lihat sendiri. Tapi ada beberapa yang menjadi ciri khasnya lho. Salah satunya adalah duri-duri yang menyerupai gergaji yang ada di samping bagian tubuhnya. Jangan salah, duri-duri tersebut sangat tajam lho.

Selain itu, ikan Oxydoras Niger ini punya daging pelengkap yang menggantung di atap mulutnya yang berfungsi untuk mencicipi partikel makanan di antara kotoran sungai. Wah keren juga ya.

Lalu ngomong-ngomong soal ukuran, ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 90 cm lho. Kalau dibandingkan dengan ikan hias pada umumnya, ia termasuk ukuran yang cukup besar lho.

Penyebaran wilayah

Berdasarkan jurnal berjudul “Back to Nature Guide to Catfishes”yang ditulis oleh Sands pada tahun 1997, ikan ini dapat ditemukan di seluruh Amerika Selatan. Mulai dari pantai Timur hingga pangkalan Andes yang berada 3.000 kaki di atas permukaan laut.

Sedangkan jika melihat data yang dipegang oleh situs resmi Fish Base, dari segi sungai, ikan ini menyebar di Sungai Amazon, São Francisco hingga Essequibo. Tapi ada beberapa juga yang ditemukan di Sungai Orinoco.

Makanan

Lele berduri tajam yang satu ini senang sekali memakan krustasea, siput, dan invertebrata lainnya, lalu juga biji-bijian, hingga buah-buahan. Dengan kata lain, ikan Oxydoras Niger ini termasuk ikan omnivora alias pemakan segala.

Pada tahun 1987, seseorang bernama Lowe-McConnell telah mengambil data dari Marlier dan mengklasifikasikan ikan Oxydoras Niger sebagai insektivora alias pemakan serangga. Memang, hewan seperti lalat capung telah dilaporkan ada di isi lambung Oxydoras Niger. Namun demikian, ada juga lumpur dan daun yang membusuk, sehingga seseorang yang lain bernama Thornton W. Burgess mengklasifikasikan ikan sebagai detritivora alias pemakan pemakan bangkai.

Saat kamu ingin memelihara ikan ini di akuarium, kamu bisa memilih berbagai opsi makanan. Mulai dari ikan kecil, potongan udang, pelet ikan yang tenggelam, kacang polong beku, hati sapi, cacing tanah, dan pelet kelinci. Iya, kamu tidak salah dengar, pelet kelinci. Unik ya?

Habitat & Karakteristik

Oxydoras Niger suka sekali dengan sungai yang besar. Yang uniknya lagi adalah ketika nelayan setempat diwawancarai, mereka mengatakan bahwa ikan ini biasanya ditangkap di musim hujan.

Mengambil data dari Saint-Paul, 63% individu Oxydoras Niger ditangkap pada siang hari, dan 27% lainnya pada malam hari. Ini menunjukan kalau Oxydoras Niger itu aktif di siang hari. Sayangnya, statistik ini bertentangan dengan hasil dari beberapa pengamat yang melihat langsung beberapa ikan Oxydoras Niger yang panjangnya di bawah 1 meter selalu tetap bersembunyi daripada berenang secara aktif.

Bahkan mereka tidak pedulu seberapa cerah penerangan cahaya yang ada, mereka bakal tetap bersembunyi di tempat tertutup semacam goa atau terowongan gelap.

Bisa disimpulkan bahwa ikan ini suka dengna tempat yang gelap. Jadi ketika kamu memelihara ikan ini disarankan untuk menyediakan tempat bersembunyi terutama ketika Oxydoras Niger ini masih berukuran di bawah 1 meter. Sediakan saja seperti batu-batuan, goa buatan, atau semacam terowongan gelap untuk tempat persembunyian mereka.

Temperamen

Kalau kita menyinggung soal temperamen dari ikan Oxydoras Niger, ia sebenarnya bukanlah ikan yang jahat ataupun sekedar usil. Ia cenderung kalem dan adem ayem saja.

Mungkin memang tubuhnya nampak besar bahkan ada duri-duri tajam di sisi samping tubuhnya yang berjejer sehingga kesannya sangat mengerikan, tapi kenyatannya ikan ini bisa damai kok. Yang perlu digarisbawahi adalah hindari tankmate ikan yang terlalu kecil. Kalau terlalu kecil dan ukurannya muat dengan mulut si Oxydoras Niger maka bukan tidak mungkin bakal menjadi mangsa empuknya. Jangan lupa bahwa Oxydoras Niger ini salah satu ikan predator.

Contoh tankmate ikan yang cocok adalah Golden Dorado, Arowana, Red tail Catfish, Red Feifeng, Pterodoras Granulosus, hingga Peacock Bass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *