Kabarnya Ikan Sapu-Sapu Makan Ikan Hias Lain, Benarkah?

Nakama Aquatics – Kali ini kita akan berbicara mengenai ikan Sapu-sapu yang terkadang dituduh sebagai pemakan ikan hias apabila ada ikan hias yang dalam satu akuarium tersebut mati. Terkadang ketika kita menjadikan ikan Sapu-sapu sebagai kambing hitam atas matinya ikan hias lainnya, tapi benarkah tuduhan kita?

Sekilas tentang ikan Sapu-sapu

Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang sangat menyenangkan. Diantara ikan hias yang populer untuk dipelihara adalah ikan Pleco alias ikan Sapu-sapu.

Ikan Sapu-sapu alias Pleco teryata banyak sekali macamnya. Seperti Royal Pleco, Zebra Pleco, dan masih banyak lagi jenis ikan Pleco lainnya.

Begitu juga soal ukurannya dari yang kecil sekitar 5 cm saja, sampai yang besar 25 atau bahkan 40 cm. Yang paling disenangi biasanya adalah karena coraknya yang indah menghiasi akuarium. Selain coraknya, fungsinya sebagai pembersih juga menjadi pertimbangan utama.

Akuarium yang kotor dan berlumut kadang menjadi sangat menyebalkan karena bikin kita susah untuk menikmati pemandangan akuarium tersebut. Disitulah ikan Pleco atau sapu-sapu jadi solusi

Kejadian yang sering terjadi

Sayangnya hidup tak semanis gula dan semulus kain sutra. Ikan hias yang ada di akuarium pun bisa saja mati kapan pun. namanya juga makhluk hidup, suatu saat bisa saja mati.

Ada yang menarik nih, dari banyak laporan dan cerita pengalaman #NakamaSquad , seringkali mereka memergoki ikan hias yang mati dengan ikan Sapu-sapu menempel di ikan hias yang mati tersebut. Tak jarang banyak orang yang langsung berasumsi bahwa ikan sapu-sapu itulah penyebabnya. Padahal belum tentu.

Benarkah ikan Sapu-sapu penyebabnya?

Oke mari kita ulas, benarkah ikan Sapu-sapu itu penyebabnya? Dilansir dari situs plecostomus.org, jika kamu memiliki ikan mati di sebuah akuarium dan ikan sapu-sapu lapar, maka ikan sapu-sapu tersebut akan memakannya. Entah itu ditelan bulat-bulat atau bisa jadi hanya sebatas mengemut bagian tertentu.

Tapi jangan disamaratakan ya kalau semua ikan sapu-sapu itu agresif dan memakan ikan. Nggak semua kok.

Kembali ke pertanyaan awal, benarkah ikan sapu-sapu penyebabnya? Itu tergantung, tapi banyak kasus itu bukan si ikan sapu-sapu lho penyebabnya. Biasanya kejadiannya seperti ini. Awalnya ikan hias lain tersebut mati entar karena jamur, kualitas air, atau sebagainya. Nah ketika mati itulah ikan sapu-sapu alias Pleco biasanya terlihat oleh kita sedang menempel di ikan hias yang mati tersebut. Menempel pun banyak pemicunya, memakan jamur atau mungkin memang hanya sekedar menempel saja. Dan jadilah ia terlihat seolah-olah terlihat kejam memakan ikan hias lainnya.

Kesimpulan

Bagaimana? Sekarang kamu mengerti kan ikan Pleco itu makan ikan hias atau enggak. Dengan penjelasan tersebut semoga beramnfaat buat kamu ya. Bagi kamu yang masih bingung, barangkali penjelasannya dirasa bertele-tele, Nakama Aquatics coba simpulkan yaa. Jadi begini, kalau kamu melihat kejadian ikan sapu-sapu menempel dengan ikan hias lainnya yang mati, jangan terburu-buru ambil kesimpulan kalau dia penyebabnya. Bisa jadi bukan dia penyebabnya, masih banyak faktor lain yang membuat ikan hias mati. Oke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *