Kura-kura Ocadia Si Kura-kura dengan Leher Bergaris yang Sangat Unik

Nakama Aquatics – JKura-kura Brazil meang termasuk salah satu kura-kura yang paling populer di dunia ini termasuk di Indonesia. Namun ada kura-kura yang tak kalah populer, bahkan cenderung lebih unik dibandingkan kura-kura Brazil.

Yup, kura-kura ini adalah kura-kura Ocadia. Ia juga punya nama lain yaitu ‘Chinese Stripe-necked Turtle’ dan ‘Golden Thread Turtle’. Lalu seperti apa sih seluk beluknya? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Subordo : Cryptodira

Famili : Geoemydidae

Genus : Mauremys

Spesies : M. sinensis

Nama Latin/Ilmiah : Mauremys sinensis

Bentuk Fisik

Kalau dilihat-lihat secara sekilas, kura-kura Ocadia memiliki bentuk yang mirip seperti kura-kura Brazil ya. Tapi yang membedakan adalah corak pada tempurung maupun pada tubuhnya secara keseluruhan.

Kura-kura Ocadia memiliki tubuh yang berwarna hijau. Saat remaja, karapasnya berwarna hijau keabu-abuan dan ada tiga punggung bukit yang khas. Saat menginjak dewasa, warnanya memudar menjadi warna cokelat dan kedua punggung bukit itu secara bertahap menghilang.

Plastron kura-kura ini berwarna gading dengan bintik-bintik hitam kecil. Ekor si jantan lebih kasar dan panjang, sementara si betina dewasa akan lebih besar dari jantan.

Kalau kita berbicara soal ukuran, kerapas kura-kura Ocadia rata-rata dapat tumbuh mencapai panjang 20 cm. Tapi pernah ditemukan yang paling besar bisa sampai 40 cm. Wah lumayan gede juga ya ternyata.

Penyebaran wilayah

aMungkin kamu penasaran, sebenarnya dari mana sih kura-kura Ocadia ini? Apakah dari Indonesia? Haha bukan. Kura-kura ini dapat ditemukan di Cina (tepatnya bagian Hainan, Guangdong & Fujian), Taiwan, Laos hingga Vietnam utara & tengah.

Makanan

Di habitat liarnya, kura-kura Ocadia termasuk spesies omnivora, ia memakan vertebrata air seperti katak dan ikan, dan berbagai tanaman air.

Buat kamu yang ingin memelihara kura-kura Ocadia, soal makanan tidak perlu khawatir. Saat masih bayi, kura-kura Ocadia bisa kamu beri makan berupa cacing darah. Nah seiring berjalanannya waktu dan semakin besar pula ukuran si kura-kura Ocadia, kamu bisa memberinya pelet. Mudah bukan?

Habitat & Karakteristik

Habitat dari kura-kura Ocadia adalah lingkungan perairan rendah seperti rawa dan kolam dangkal. Kura-kura Ocadia kadang-kadang dilepaskan oleh para penghobi sehingga dapat ditemui di lingkungan buatan manusia seperti kolam pedesaan dan waduk.

Temperamen

Temperamen dari kura-kura Ocadia ini cenderung kalem dan tidak galak dengan manusia maupun kura-kura lainnya. Kalau untuk ikan, lihat-lihat dulu deh, ikan apa yang bersama dengannya. Jika ikan-ikan yang ukurannya besar maka ikan itu aman. Tapi kalau ikan-ikan kecil, bukan tidak mungkin bakal jadi santapan empuk si kura-kura dengan leher bergaris ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *