Apa?! Ini Ikan Cupang Termahal di Dunia yang Pernah Terjual!!

Nakama Aquatics – Siapa sih yang tidak tahu ikan Cupang? Kamu apsti tahu dong. Ikan cupang (atau dalam bahasa Inggris : Betta fish) merupakan sejenis ikan air tawar dari daerah tropis yang populer karena memiliki bentuk serta warna yang indah. Ikan Cupang biasanya sering dijadikan peliharaan oleh anak-anak maupun orang dewasa di akuarium di rumah mereka. Ikan cupang cukup mudah dan murah untuk didapatkan oleh siapa saja.

Menurut beberapa literatur, ikan cupang ini berasal dari wilayah-wilayah di Semenanjung Indochina, seperti Thailand dan Kamboja. Di alam liar, ikan cupang biasa mendiami sawah-sawah atau parit-parit yang teraliri air. Umumnya, ikan cupang yang kita lihat di toko-toko hewan peliharaan memiliki bentuk dan warna yang berbeda dengan ikan cupang liar.

Ikan Cupang Termahal

Mungkin bagi kamu yang termasuk pecinta ikan cupang di sini sudah tahu harga-harga ikan cupang yang beredar di pasaran. Atau mungkin ada yang pernah mengembangbiakkan ikan ini dan menghasilkan jenis yang sangat bagus dan memiliki harga tinggi. Lalu, semahal apa ikan cupang yang pernah terjual di dunia ini?

Beberapa tahun ke belakang, seekor ikan cupang yang memiliki warna mirip dengan bendera negara Thailand telah terjual di sebuah lelang online di Facebook. Ikan cupang yang dimiliki oleh Kachen Worachai itu dilepaskan dengan harga sekitar US$ 1500 atau kira-kira Rp 20 juta.

Dilansir dari CBS News, ikan cupang tersebut berwarna biru, merah, dan putih dengan garis-garis horizontal yang terlihat sama dengan bendera Thailand. Setelah pemiliknya memposting gambar ikan cupang tersebut, tak lama kemudian hal itu menjadi viral.

Dari sebuah ikan Cupang yang viral

Kachen Worachai tidak menyangka bahwa akan ada orang yang membeli ikan cupang miliknya dengan harga puluhan ribu baht (mata uang Thailand). Sebelumnya, dia hanya mengharapkan beberapa ribu baht dari ikan cupang cantik miliknya. Kachen memposting gambar ikan itu pada tanggal 6 November 2016 dengan tawaran awal 99 baht (sekitar Rp 40rb-an) dan lelang itu berakhir pada 8 November 2016 dengan harga akhir 53,500 baht.

Dari sebuah ikan Cupang yang viral

Kachen lebih lanjut menuturkan bahwa ikan cupang termahal sebelumnya yang pernah terjual adalah ikan cupang berjenis half-moon. Ikan itu laku dengan harga 23.500 baht atau sekitar Rp 10 jutaan. Itulah bahasan mengenai ikan cupang termahal di dunia yang pernah terjual.

Berita ini diliput secara luas oleh banyak media di luar negeri termasuk dari Indonesia. Walaupun itu terjadi pada tahun 2016, hingga saat ini belum muncul berita paling baru dan menggemparkan mengenai ikan cupang dengan harga yang lebih tinggi.


0 thoughts on “Apa?! Ini Ikan Cupang Termahal di Dunia yang Pernah Terjual!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *