Giant Trevally Si Ikan Predator Iblis dari Indo-Pasifik

Nakama Aquatics – Jika kamu melihat di acara-acara mancing, mungkin kamu tidak akan asing dengan Giant Trevally. Giant Trevally juga biasa disebut ikan kuwe oleh masyarakat lokal. Ikan ini sedikit mirip dengan tuna.

Ikan ini begitu populer di kalangan pecinta ikan predator air tawar akhir-akhir ini. Ya, Giant Trevally saat masih kecil bisa diadaptasikan di air tawar tanpa campuran air laut sedikit pun. Namun memang hal seperti itu sebaiknya dilatih sejak kecil.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Subordo : Percoidei

Superfamili : Percoidea

Famili : Carangidae

Genus : Caranx

Spesies : C. ignobilis

Nama Latin/Ilmiah : Caranx ignobilis

Bentuk Fisik´╗┐

Bentuk fisik ikan ini cenderung membulat menyerupai sebuah kue, mungkin itulah alasan ikan ini dijuluki ikan kuwe. Namun dari segi ekor dan sirip ekornya, Giant Trevally sangat mirip dengan ikan tuna. Warna badan dari Giant Trevally umumnya adalah perak/silver, walaupun ada beberapa jenis khusus yang berwarna kuning keemasan.

Panjang dan berat maksimal Giant Trevally tidak menentu, karena itu bergantung dari jenisnya. Giant Trevally raksasa pernah ditemukan dengan panjang 170 cm dengan berat 80 kg. Bahkan warna ekor dan sirip pun juga ada yang perak dan kuning. Apapun warnanya, dilihat dari segi bentuk tubuhnya Giant Trevally tetaplah ikan predator yang garang dan menarik untuk dipelihara.

Penyebaran wilayah

Kamu tahu nggak sih? Ternyata Giant Trevally menyebar di seluruh perairan tropis wilayah Indo-Pasifik. Penyebaran wilayahnya membentang dari Afrika Selatan di barat ke Hawaii di timur, termasuk Jepang di Utara dan Australia di Selatan.

Makanan

Giant Trevally adalah ikan predator yang gemar memakan ikan kecil. Jika kita memeliharanya di akuarium atau kolam, ikan yang memiliki nama ilmiah Caranx ignobilis ini bisa memakan ikan kecil, udang, maupun cacing. Ikan ini tidak rewel soal makanan. Jadi cenderung mudah merawat ikan GT dalam hal makanan.

Habitat & Karakteristik

Habitat Giant Trevally saat dewasa akan mendiami habitat lingkungan laut atau bisa juga di muara. Tetapi saat masih kecil dan remaja, Giant Trevally hidup di perairan dengan salinitas rendah dan itu biasanya di sungai-sungai.

Di alam liar, Gaint Trevally senang sekali dengan air yang keruh dan berarus deras (saat remaja). Dan saat dewasa lebih senang dengan lingkungan laut yang terdapat terumbu karang. Karakteristik ikan ini jika dipelihara, merupakan perenang yang aktif di tank/akuarium.

Temperamen

Ikan predator dengan nama ilmiah Caranx ignobilis ini memiliki temperamen yang baik dan tidak suka jahil kepada tankmate-nya. Namun saat Giant Trevally lapar akan dikhawatirkan menyerang tankmate-nya sendiri.

Maka dari itu lebih baik untuk selalu memastikan Giant Trevally diberi makan secara teratur dan jangan sampai kelaparan. Karena tankmate-nya akan terkena imbasnya.

Catatan khusus

Sejauh ini belum ada penilaian dari IUCN untuk memasukkan Giant trevally masuk ke dalam daftar merah mereka. Tetapi pelestarian di alam bebas tetap harus dilakukan. Ikan predator ini begitu populer untuk dijadikan target memancing.

Memancing yang ramah dengan alam, tidak menggunakan bom atau racun adalah hal yang wajib dilakukan demi melindungi Giant Trevally dan ekosistemnya. Memang belum ada ancaman yang berarti, namun tidak ada salahnya untuk mencegah dari hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *