Channa Marulioides Si Ikan Gabus Emperor dengan Corak Bunga Teratai

Nakama Aquatics – Mendengar kata ikan Gabus pasti yang dipikiranmu ikan predator yang biasa-biasa saja kan? Eitts, jangan salah lho. Selain Channa Barca, ada 1 jenis ikan Gabus atau Channa yang eksotis juga lho yaitu Channa Marulioides.

Rupanya dengan coraknya yang memukau serta bentuk tubuhnya yang aduhi membuat ikan Gabus ini digandrungi banyak orang khususnya penghobi ikan di Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Channidae

Genus : Channa

Spesies : C. marulioides

Nama Latin/Ilmiah : Channa marulioides

Bentuk Fisik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ikan ini memiliki corak yang begitu indah. Warna tubuh pada Gabus Emperor alias Channa Marulioides adalah oranye kekuningan pada bagian bawahnya, sedangkan pada bagian atas tampak berwarna dominan hitam.

Tidak berhenti sampai di situ saja keindahannya. Di samping tubuhnya pun ada semacam corak-corak bunga berwarna hitam dengan pinggiran putih. Serta yang paling epik adalah matanya berwarna merah. Tentu sangat keren bukan?

Berbicara soal ukuran dan panjang tubuh. Ikan ini dapat mencapai panjang maksimal hingga 65 cm. Wah kalau dipikir-pikir lumayan besar juga ya.

Penyebaran Wilayah

Ikan Channa Marulioides berasal dari Thailand selatan (di bawah Tanah Genting Kra), Malaysia, dan Indonesia, termasuk Kepulauan Sunda Besar. Lalu yang perlu kamu ketahui bahwa jenis lokalitas ikan ini adalah ‘Sambas, Kalimantan bagian barat, Indonesia’.

Makanan

Channa Marulioides adalah salah satu ikan predator yang cukup ditakuti. Jangan sampai kamu tertipu akan keindahan dan keelokan tubuh maupun coraknya ya.

Karena pada kenyatannya, Channa Marulioides senang sekali memangsa ikan, amfibi, hingga serangga darat. Cara berburunya pun bukan kaleng-kaleng, benar-benar agresif dan gesit. Bahkan kita sebagai manusia yang hanya penonton bisa kaget dengan suara yang dibuatnya.

Habitat & Karakteristik

Ikan dengan corak bunga teratai ini ternyata senang sekali dengan lingkungan seperti sungai yang luas dan tentu banyak vegetasi di dalamnya. Vegetasi inilah yang sangat bermanfaat untuknya, mulai dari menyemar untuk berburu atau sekedar berlindung dari ancaman berbahaya.

Itulah kenapa ketika kamu memelihara ikan Channa Marulioides sebaiknya gunakan tanaman-tanaman air, baik itu yang asli maupun yang plastik. Sesuaikan dengan kemampuanmu. Kalau memang hanya memungkinkan yang plastik, ya pakai saja yang plastik.

Untuk karakteristik ikan yang merupakan asli Kalimantan ini, biasanya cenderung diam di permukaan air dan dekat-dekat dengan vegetasi yang mengambang. Kalau kamu menemukannya di sungai, bisa telihat jelas Channa Marulioides akan tampak dari atas. Kalau kamu memeliharanya di akuarium, ikan ini tentu bakal suka bertengger di bagian atas, alias permukaan air.

Temperamen

Kalau kamu memelihara ikan Gabus Emperor ini saat masih kecil, mungkin masih aman apabila memeliharanya bersama-sama atau beramai-ramai. Dari 5-10 ekor, tidak ada masalah biasanya.

Akan tetapi begitu mengijak tahap kematangan seksual (atau dengan kata lain sudah dewasa), maka jika digabung dengan ikan lain bahkan yang sesama sekalipun, besar kemungkinan akan berakhir rusuh dan agresif. Jadi sebaiknya ketika sudah dewasa, lebih baik sendirian saja. Bahasa kerennya sih ‘single tank’, artinya dalam tank atau akuarium tersebut, hanya ada 1 ikan Channa Marulioides.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *