Wow!! Inilah 5 Jenis Ikan Pembersih Lumut Untuk Akuarium (urutan ke-3 paling ampuh)

Kalau kamu punya akuarium, pasti pernah dong mengalami kondisi dimana akuarium tersebut dipenuhi oleh lumut yang bisa jadi begitu mengganggu. Tentu lumut yang terlalu banyak seperti itu tidak bisa dibiarkan.

Biasanya lumut seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya cahaya lampu atau matahari. Karena terlalu sering terpapar oleh cahaya maka bukan tidak mungkin lumut tumbuh begitu cepat dan masif sehingga justru kadang terganggu, iya kan?

Tapi untuk membersihkannya terkadang kita kebingung, bagaimana ya caranya? Tenang, kali ini kita akan mengupas 5 jenis ikan pembersih lumut untuk akuarium. Yuk simak berikut.

1. Twig Catfish

Mungkin sebagian orang, atau bahkan termasuk kamu, yang masih asing dengan ikan yang satu ini. Yup, dialah Twig Catfish. Bentuknya sangat kecil, mini, dan tipis sekali.

Warnanya kecoklatan dengan sebuah garis hitam membentang yang membatasi antara bagian tubuh yang atas dengan yang bawah. Tak hanya itu, ada bagian tubuh yang lucu yaitu mulutnya yang agak meruncing ke depan. Hahahaha kalau dilihat-lihat malah seperti pinokio ya, jangan-jangan sering berbohong.

Panjang tubuh ikan ini dapat mencapai hingga 10 cm. Kalau dipikir-pikir sih memang kecil. Tapi biasanya ikan yang seperti ini nih yang ampuh untuk membasmi atau memakan lumut-lumut menganggu.

Oh iya, ikan ini sangat kecil dan tipis. Jadi buat kamu yang memeliharanya, harus sering-sering dipantau ya. Karena dari kejadian yang sebelum-sebelumnya, banyak tuh kasus ikan ini tiba-tiba hilang tanpa jejak.

2. Bristlenose Pleco

Ikan Pleco atau yang biasa kita sebut sebagai ikan sapu-sapu memang salah satu yang cukup ampuh sebagai pembersih lumut. Jadi sebenarnya tidak heran apabila kita memasukkan Pleco di sini, khususnya Bristlenose Pleco.

Tapi tunggu-tunggu, pasti kamu juga berpikir kan? Kenapa ada semacam kumis-kumis begitu ya di mulutnya? Lucu juga tuh. Ya memang seperti itulah jenisnya, keren kan?

Kamu tahu? Ikan Bristlenose Pleco dapat mencapai panjang hingga 12,5 cm lho. Kurang lebih hanpir sama seperti Twig Catfish tadi.

Selain bentuknya yang unik, fungsinya sebagai pembersih lumut yang handal ini menjadikannya lumayan digemari pecinta ikan. Apalagi jika pecinta ikan tersebut sering terkena masalah lumut yang mengganggu, nah sudah pasti biasanya bakal menggunakan jasa ikan yang satu ini

Soal temperamen jangan khawatir ya, karena ikan Bristlenose ini bukan ikan yang galak dan jahat kok. Ia bahkan merupakan salah satu ikan yang damai dan kalem. Jadi jangan takut kalau ikan ini bakal memakan ikan lain karena hal itu tidak akan terjadi. Oke?

3. Siamese Algae Eater

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan ini? Yup, ikan Siamese Algae Eater atau biasa disingkat dengan SAE ini merupakan ikan hias yang cukup populer lho di kalangan masyarakat Indonesia.

Bentuk ikan ini memanjang, dan memang relatif kurus dibandingkan dengan ikan pada umumnya. Bayangkan saja, panjangnya hanya dapat mencapai kurang lebih 15 cm saja.

Dan biasanya ikan ini dapat ditemukan di habitat seperti perairan yang jernih dan dangkal. Lalu tentu saja dengan banyak substrat seperti kerikil, batu-batu kecil, hingga pasir. Jadi kalau misalkan kamu ingin memelihara ikan ini, sebaiknya kasih substrat ya sehingga ia lebih nyaman di akuarium.

Soal kehandalannya dalam membersihkan lumut tidak perlu diragukan lagi. Namanya saja ‘Algae Eater’, itu artinya ikan ini memang didesain khusus memakan alga atau lumut. Sehingga memang sangat ampuh untuk membasmi dan membersihkan lumut di akuarium kamu.

Disarankan juga untuk memelihara ikan Siamese Algae Eater berkelompok ya, sekitar 5-6 ekor atau lebih juga boleh. pasti lebih mantap hasilnya. Dan tentunya kalau ramai pasti enak dilihat dong. Setuju?

4. Molly

Ikan Molly boleh dibilang juga termasuk ikan sejuta umat, banyak sekali masyarakat yang pernah merawatnya. Mulai dari pemilik yang masih awam hingga yang sudah mahir. Namun dibalik popularitasnya itu siapa sih yang menyangka kalau ikan ini juga jago dalam membasmi lumut.

Meski tubuhnya kecil dan mungil, ikan Molly ternyata juga cukup ampuh lho dalam membersihkan lumut-lumut yang ada di akuarium. Tentu ini bsia menjadi opsi baru bagi kamu yang mungkin juga suka dengan ikan kecil-kecil seperti Molly ini.

Itulah kenapa kalau misalkan ada seseorang yang membuat aquascape yang notabenenya memang berpotensi untuk ditumbuhi lumut secara masif, maka ia akan menambahkan ikan Molly agar lebih terjamin kebersihan lumutnya.

Dan tentu saja dong untuk memelihara ikan Molly sebaiknya berkelompok alias bergerombol ya, jangan sendirian atau individu karena pasti bakal kesusahan. Lalu keunggulan dari ikan Molly ini adalah kadang ia bisa secara tidak sengaja berkembangbiak sendiri tanpa kita sadari. Wah keren kan? bagus juga nih untuk dipertimbangkan.

5. Otocinclus Catfish

Urutan terakhir diisi oleh Otocinclus Catfish, sebenarnya ikan ini sangat kecil lho. Bayangkan nih, penjangnya hanya dapat mencapai 3,5 cm saja.

Kalau kita berbicara soal bentuk tubuh, ikan ini tidak terlalu unik sih. Lalu pada warnanya juga cenderung biasa saja, hanya coklat dan krem yang dibatasi oleh garis hitam di tengah-tengahnya.

Meski tampilan warna dan bentuk tubuhnya biasa-biasa saja, jangan salah ya, ikan ini punnya sejuta manfaat lho. Salah satunya adalah berguna sebagai ikan pembersih lumut atau alga di akuarium.

Seperti yang bisa dilihat, ikan ini biasanya menghuni sungai-sungai dengan vegetasi yang melimpah. Selain sebagai tempat berlindung, tentu vegetasi ini juga bisa untuk sumber makanan yang berlimpah bagi Otocinclus Catfish.

Nah itulah 5 jenis ikan yang mampu menjadi pembersih lumut pada akuarium. mana sih yang jadi favoritmu? Coba tulis di kolom komentar ya. Ngomong-ngomong, sebenarnya mana yang paling bagus, sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. Oke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *