Ikan Alligator, Sebaiknya Pakai Tankmate Atau Tidak? Ini Jawabannya!!

Nakama Aquatics – Ikan Alligator adalah ikan predator yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bentuknya yang menyeramkan namun sekaligus eksotis membuat masyarakat mencarinya untuk dijadikan ikan hias.

Namun tak jarang, banyak yang tidak mengetahui karakteristik serta temperamen ikan ini yang mengakibatkan asal-asalan dalam hal tankmate (penggabungan dengan ikan lain). Padahal tankmate dari ikan Alligator tidak bisa sembarangan lho. Salah-salah bukannya menjadi tankmate tapi menjadi santapan empuk.

Apa itu ikan Alligator?

Sumber gambar :

Ikan Alligator adalah ikan predator yang memiliki kepala seperti buaya namun tubuhnya tetap seperti ikan biasa. Bahkan saking anehnya, ada orang awam yang justru mengira ikan ini adalah makhluk jadi-jadian. Wah ada-ada saja ya.

Nah perlu kamu ketahui nih sebelumnya bahwa jenis ikan Alligator itu banyak lho. Mau tahu ada apa aja? Mulai dari Spatula Gar, Shortnose Gar, Longnose Gar, Florida Gar, Spotted Gar, Tropical Gar, hingga Cuban Gar. Banyak juga ya ternyata.

Kasus yang sering terjadi

Sumber gambar :

Kalau kamu pernah memelihara ikan Alligator, lalu kamu lalai dalam memberi makan, eh tiba-tiba ikan Alligator makan tankmate-nya sendiri. Pernah mengalami kejadian seperti itu?

Atau bisa juga seperti ini, ikan Alligator tersebut digabung dengan ikan yang ukurannya sama seperti mulut ikan Alligator. Tebak apa yang selanjutnya terjadi? Yup, dimakanlah tankmate tersebut karena muat di mulutnya.

Memang tidak semua kasus berujung apda kematian tankmate sih. Ada juga yang ‘hanya sekedar’ luka-luka. Kadang tankmate dari ikan Alligator ada yang kulitnya sobek karena bekas gigitan, ada yang terkena luka goresan, dan luka serupa lainnya.

Kasus seperti ini seharusnya menjadi perhatian kita. Karena begini, iya kalau tankmate dari ikan Alligator tersebut murah. Bagaimana kalau harganya mahal lalu harus mati di tangan ikan Alligator?

Bahkan sekalipun hanya luka-luka, pasti akan menurunkan kesan eksotik dari tankmate tersebut bukan? Contohnya ikan Arwana, kalau ada luka-luka begitu, pasti terlihat kurang indah. Kamu setuju kan?

 

Jadi gimana sebaiknya?

Sebagai ikan predator, ikan Alligator akan mencoba memangsa tankmate apabila ia kelaparan, urusan bisa dimangsa atau tidak, itu urusan belakang. Yang pasti, sebisa mungkin kalau ia sedang kelaparan, ikan Alligator mencoba memangsa.

Nah maka dari itu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti luka-luka atau bahkan kematian pada tankmate, disarankan untuk memberi makan tepat waktu.

Dengan kata lain, boleh pakai tankmate asal makannya tepat waktu ya. Pliss benar-benar jangan sampai telat. Atau tankmate ikan Alligator yang kena imbasnya.

Tankmate yang disarankan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ikan Alligator itu sebenarnya boleh dikasih tankmate kok asalkan memenuhi 2 syarat. Apa saja itu?

Yang pertama itu kasih makan tepat waktu dan yang kedua itu ukuran sepadan. Paling tidak ukuran tankmate harus lebih besar daripada mulut si ikan Alligator. Supaya si ikan Alligator tidak dapat memangsanya.

Kalau kamu masih belum kebayang tankmate seperti apa. Kamu bisa menggabungkannya dengan ikan Arwana, Oscar,

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah kamu boleh kok untuk menggabungkan ikan Alligator dengan ikan lainnya. Asalkan kamu bisa memastikan kalau ikan tersebut lebih besar daripada ukuran mulut ikan Alligator dan juga memberi makan tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *