Lemon Cichlid Si Ikan Kuning Berkilau yang Suka Jahil


Nakama Aquatics – Kamu sering kan berkunjung ke toko ikan? Pernah melihat ikan yang berwarna kuning? Harusnya pernah, karena ikan ini sangat populer dan umum sekali dipelihara.

Yup, ikan ini adalah ikan Lemon Cichlid. Iakn ini sebenarnya punya banyak nama diantaranya Leleupi, Orange Leleupi Cichlid, Gold Cichlid, Gold Leleupi Cichlid, and Tanganyikan Lemon Cichlid.


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Cichliformes

Famili : CichlidaeS

Genus : Neolamprologus

Spesies : N. leleupi

Nama Latin/Ilmiah : Neolamprologus leleupi


Sumber gambar : flickr.com

Bentuk Fisik

Sumber gambar : flickr.com

CSeperti yang kamu lihat, warna tubuh dari iakn Lemon Cichlid adalah kuning. Tubuhnya agak ramping dan kecil sehingga sekilas agak mirip seperti roket.

Oh iya, kalau berbicara ukuran, ikan ini hanya dapat mencapai panjang 4 inci alias 10 cm saja lho. Ternyata kecil juga ya ikan ini.


Penyebaran wilayah

Sumber gambar : amsterdamcg.nl

Ikan Lemon Cichlid adalah salah satu ikan Cichlid yang merupakan endemik Danau Tanganyika. Wah kalau dipikir-pikir, ternyata eksklusif juga ya penyebaran wilayahnya.


Makanan

Sumber gambar : flickr.com

Karena ikan ini sebenarnya adalah karnivora, Lemon Cichlid membutuhkan makanan berprotein. Di alam liar ikan berwarna kuning ini memakan organisme zoobenthic, serangga air, dan juga copepoda.

Ada tips nih buat kamu yang ingin memelihara Lemon Cichlid. Untuk menjaga keseimbangan yang baik, beri mereka makanan serpihan atau pelet berkualitas tinggi setiap hari.

Suplemen makanan yang bsia diberikan secara teratur adalah udang air asin (baik hidup atau beku), cyclop, atau daphnia. Makanan protein hidup tinggi karoten, seperti mysis, membantu memicu corak warnanya yang indah.

Beri makan sekitar 2 hingga 5 porsi kecil sehari dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah yang besar sekali sehari. Jadi maksudnya lebih baik dikasih porsi kecil tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Paham kan sampai sini? Oke kita lanjut.

Tips tersebut sebanrnya bakal sangat menjaga kualitas air lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. ‘Puasa’ satu hari seminggu juga bisa bermanfaat bagi si ikan Lemon Cichlid.


Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : flickr.com

Ikan Lemon Cichlid dapat ditemukan di semua jenis habitat. Mereka dapat ditemukan baik di permukaan dan di perairan yang sangat dalam.

Lemon Cichlid ditemukan di sepanjang garis pantai berbatu di sisi timur dan barat danau pada kedalaman antara 16 – 131 kaki (5 – 40 meter), tetapi paling melimpah di perairan yang lebih dalam di 131 kaki (40 meter). 40 meter? Ternyata dalam juga ya.

Kalau kamu jalan-jalan ke habitatnya dan menemukan ikan ini. Eh jangan kaget. Karena biasanya ikan ini biasanya ditemukan sendirian dan menghuni ceruk-ceruk medan berbatu.

Temperamen

Sumber gambar : flickr.com

Berbicara soal temperamen nih, pasti kamu penasaran kan? Karena setiap kali memelihara dna disatukand engan ikan lain, Lemon Cichlid terlihat lebih jahil.

Nah, mereka itu sebenarnya adalah ikan komunitas yang tidak agresif. Mereka dapat digabung dengan spesies yang lebih kecil dalams atu akuarium. Asalkan mereka memiliki wilayah mereka sendiri.

Ikan ini ternyata paling baik lho dipelihara dengan tankmate berperilaku kalem seperti Tanganyikan Cichlid lain dari genus Julidochromis seperti Julie Dickfeld dan Julie Narapidana, genus Altolamprologus, White Pearly Calvus, serta lele Synodontis.

Lalu ada yang harus dihindari nih supaya menjamin keamanan si ikan Lemon Cichlid. Jadi langkah terbaik adalah menghindari penggabungan mereka dengan African Cichlid dari Danau Malawi atau Danau Victoria dalam satu akuarium yang sama.

Meskipun relatif damai, mereka bisa menjadi agresif dengan ikan lain dari jenis mereka sendiri. Di alam liar, Lemon Cichlid biasanya ditemukan sendirian . Bahkan sekalipun berpasangan, mereka hanya akan berkumpul untuk tujuan reproduksi.

Untuk masalah temperamen ini, ada tips juga lho. Apa itu? Peliharalah ikan Lemon Cichlid minimal berjumlah 6 ekor dalam satu akuarium. Kenapa bisa begitu, untuk saat ini belum ada alasan secara ilmiah dan pasti. Tapi berdasarkan pengalaman, memang beginilah rekomendasinya.

Jumlah dari ikan Lemon Cichlid akan mempengaruhi tingkat stresnnya lho. Dan pastinya, tingkat stres tersebut bakal mempengaruhi tingkat pertumbuhannya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *