Channa Diplogramma Si Ikan Gabus Malabar Yang Sangat Gahar

Nakama Aquatics – Siapa sih yang tidak tahu ikan Gabus? Apalagi kamu, sebagai pecinta ikan predator, pastinya tahu dong ikan Gabus khsuusnya yang berjenis Gabus Malabar. Ikan ini sih sebenarnya justru lebih akrab dengan sapaan nama ilmiahnya yaitu Channa Diplogramma.

Lho kok aneh ya? Kenapa malah populer nama ilmiahnya? Ya, kurang tahu, memang begitu lah realitanya.

Supaya lebih enak dan terasa lebih benar, kita sepakati untuk menyebutnya Gabus Malabar aja ya. Tapi Gabus Malabar dan Channa Diplogramma itu sama kok. Hanya masalah panggilan saja. Yaudah, daripada bertele-tele, mending langsung simak berikut.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Anabantiformes

Famili : Channidae

Genus : Channa

Spesies : C. diplogramma

Nama Latin/Ilmiah : Channe diplogramma

Sumber gambar : flickr.com

Bentuk Fisik

Sumber gambar : flickr.com

Sebenarnya secara fisik sih ikan Gabus Malabar memiliki bentuk yang kurang lebih hampir sama dengna jenis Gabus lainnya. Yang membedakan dan telrihat mencolok mungkin pada bagian coraknya. Setuju kan?

Bagaimana tidak? Pada setengah tubuh bagian atas terdapat warna abu-abu (kadang ada yang agak kecoklatan) dengan dihiasi sedikit bercak-bercak hitam. Sedangkan pada bagian setengah bawahnya terdapat warna putih.

Selain itu bukan hanya warnanya saja, tapi pada bagian mulutnya terdapat gigi yang sangat tajam. Gigi ini nantinya sangat berguna untuk mengoyak-ngoyak dan merobek mangsa. Serem sekali ya?

Soal ukuran, dilansir dari situs resmi Seriously Fish, ikan Gabus Malabar mampu tumbuh mencapai panjang maksimal 48 cm. Wah besar juga ya? Kebayangkan kalau tanganmu masuk dan disambar oleh mulutnya?

Penyebaran wilayah

Sumber gambar : aquainfo.org

Oh iya, berbicara soal penyebaran wilayah nih. Ikan Gabus Malabr adalah endemik bagian selatan pegunungan Ghats Barat di India selatan (mulai dari Sungai Meenachil, Manimala, Pampa, Achenkovil dan Kallada di negara bagian Kerala) serta drainase Chittar dan Tambraparni di negara bagian Tamil Nadu.

Wah kalau dibayangkan cukup luas juga ya untuk seekor ikan Gabus? Atau justru menurutmu malah sempit penyebaran wilayahnya?


Makanan

Sumber gambar : flickr.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ikan Gabus Malabar memiliki gigi-gigi yang tajam yang siap mengoyak-ngoyak mangsa. Nah dari situ sudah disimpulkan bukan kalau makanan ikan ini jelas bukan alga atau tanaman air.

Tepat!! Ikan Gabus Malabar senang sekali memakan ikan, amfibi ,hingga serangga darat yang lebih kecil di alam. Tetapi saat di penangkaran, ikan Gabus Malabar ternyata juga suka kok dengan makanan yang sudah mati. Jadi tidak harus makanan hidup ya.

Oh iya, ada sedikit tips nih buat kamu yang ingin memelihara ikan dengan sapaan Channa Diplogramma ini. Saat ia masih kecil, kamu bisa memberinya makan berupalarva chironomid (cacing darah), cacing tanah kecil, udang cincang dan sejenisnya. Kalau sudah dewasa, baru deh kamu bsia memberinya potongan daging ikan, udang, kerang, dan lainnya.

Ada peringatan juga nih. Sangat dilarang untuk memberinya makanan berupa daging mamalia atau unggas seperti jantung sapi maupun ayam. Bagi kamu yang baru tahu, pasti bertanya-tanya, kok bisa sih?

Itu semua karena beberapa lipid yang terkandung di dalamnnya tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan Gabus Malabar. Bahkan yang lebih parah lagi nih dapat menyebabkan timbunan lemak berlebih dan bahkan degenerasi organ. Ngeri juga kan?

Selain daging mamalia daging mamalia dan unggas, ada satu lagi nih. Kalau yang satu ini sih bukan dilarang, mungkin lebih tepatnya ‘tidak dianjurkan’. Kamu sangat tidak dianjurkan memberinya makan berupa ikan Mas karena selain berisiko membawa parasit, juga karena kandungan nilai gizi yang sedikit.

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : flickr.com

Ikan Gabus Malabar sangat senang sekali dengan perairan yang cukup tenang dan terdapat banyak sekali tanaman air. Mungkin sifat ini sudah umum bagi kamu yang paham bagaimana ikan Gabus itu.

Saat kamu memelihara ikan Gabus Malabar alangkah baiknya memeliharanya dengan tambahan tanaman air yang rimbun serta kayu-kayu sebagai tempat persembunyian.

Untuk karakterisitik, ikan Gabus Malabar cenderung selalu berdiam diri di suatu tempat di akuarium. Jadi bisa dibilang bukan ikan yang bergerak mondar-mandir ke sana kemari. Ikan ini cenderung pasif.

 

Temperamen

Sumber gambar : flickr.com

Sebelum memelihara ikan ini, jangan sembarangan menggabungkannya dengan ikan lain. Bisa dikatakan ikan Gabus Malabar cukup agresif. Telat makan sedikit saja, pasti tankmate yang ada di satu akuarium bisa mati, atau minimal luka-luka.

Usahakan pilih tankmate dengna ukuran yang lebih besar ya, kalau lebih kecil bisa-bisa menjadi santapan empuk. Tapi tetap harus hati-hati agar selalu memberi makan dengan disiplin dan jangan telat. Oke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *