Red Rainbowfish Si Ikan Pelangi Merah Asal Papua

Nakama Aquatics – Kamu pasti tidak asing bukand engan ikan yang satu ini? Yup, ikan ini adalah Red Rainbowfish atau dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya “Pelangi Merah”. Tidak hanya itu, ikan ini juga punya banyak nama lho di luat negeri, seperti Di luar negeri  Irian Jaya Rainbowfish ataupun Salmon Red Rainbowfish.

Ikan Pelangi Merah ini ternyata sudah terkenal di Eropa lho sejak dulu. Awalnya ikan ini terkenal sebagai ikan hias akuarium. Perlu kamu ketahui bahwa ikan Pelangi Merah atau Red Rainbowfish ini pertama kali diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Max Weber yang saat itu sekitar tahun 1890 sampai 1900, melakukan ekspedisi ke Papua Barat.

Meskipun warnanya hitam, namun bentuknya yang unik dan lucu menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya itu, harganya yang murah bikin sebagian besar orang bakal kepincut untuk memilikinya.

Berdasarkan letaknya terhadap permukaan air, ikan Red Rainbowfish termasuk ikan tipe tengah alias Middle Range. Sebenarnya, fungsi dari ikan tipe tengah adalah membantu membersihkan makanan yang posisinya tanggung (di bawah enggak, di atas juga enggak, artinya berada di tengah-tengah).

Ada juga fungsi lain yaitu untuk meramaikan akuarium sehingga terlihat lebih ramai (Karena buat apa area atas dan bawah ramai tapi di tengah-tengahnya malah sepi?).

Baca juga : 3 Tipe Ikan Berdasarkan Letak Terhadap Permukaan Air

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Atheriniformes

Famili : Melanotaeniidae

Genus : Glossolepis

Spesies : G. incisus

Nama Latin/Ilmiah : Glossolepis incisus

Sumber gambar : [at]elmo_m135 (instagram)

Bentuk Fisik

Sumber gambar : [at]eentrala (Instagram)

Ikan Red Rainbowfish punya ciri-ciri fisik yang khas lho yaitu warna merah yang lebih dominan di sekujur tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang hingga 15 cm dan tinggi pada bagian tengah tubuh sekitar 5 cm.

Kemudian jika kamu memperhatikan dengan seksama, kepala ikan Pelangi Merah condong ke arah depan. Dan yang unik adalah letak mulutnya yang sejajar dengan mata.

 

Penyebaran wilayah

Ikan Red Rainbowfish sejatinya hanya dapat ditemukan di Danau Sentani. Danau Sentani? Di mana itu? Bagi kamu yang belum tahu, Danau Sentani itu letaknya kira-kira berada di sekitar 20 kilometer barat Jayapura. Danau Sentani adalah danau terbesar di Papua Barat dan dapat menampung air hingga 600 km persegi.

Tapi apakah mungkin ikan ini ditemukan selain di Danau Sentani? Mungin saja, ikan Red Rainbowfish bisa jadi dapat ditemukan juga di perairan sungai dan danau lainnya di wilayah Papua.

 

Makanan

Sumber gambar : [at]aquarium_fans (Instagram)

Dilihat dari bentuknya saja sudah bisa terlihat bahwa ikan Red Rainbowfish adalah ikan omnivora alias pemakan segala. Ikan ini akan memakan apapun yang memungkinkan untuk dimakan dan mudah dijumpai di perairan. Contohnya seperti cacing, larva serangga, tanaman air, dan lainnya.

 

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : [at]biggie_ns (Instagram)

Ikan Red Rainbowfish biasa ditemukan di sekitar pinggiran danau. Dan kamu tahu? Sebagian besar ikan ini sering dijumpai bergerombol atau berkelompok di sekitar vegetasi (tanaman air) serta cabang pohon yang tumbang.

Tentu habitat seperti itu sangat berguna untuk berlindung dari serangan predator yang selalu mengancam. Tidak hanya itu, vegetasi yang melimpah juga menjadikannya tempat yang nyaman untuk mencari makan. Karena di sekitar vegetasi air pasti terdapat banyak sumber makanan mulai dari tanaman air, cacing, larva serangga, dan lainnya.

Karakteristik ikan ini adalah suka bergerombol. Itulah sebabnya ketika kita memelihara ikan Red Rainbowfish sebaiknya pelihara dengan jumlah lebih dari 1. Dalam satu tank, sebaiknya kamu memeliharanya sekitar 5-10 ekor ikan ini agar mereka tidak stres ketika hanya sendirian saja.

 

Temperamen

Sumber gambar : [at]annabelcorpse (Instagram)

Temperamen ikan Red Rainbowfish sebenarnya baik-baik saja dan tidak berbahaya bagi ikan lainnya. Jadi bisa dikatakan ikan ini aman dan tidak galak. Apabila kamu mendapati ikan ini mengejar-ngejar ikan lain, kemungkinan besar itu hanyalah aktivitas bermain saja.

 

Catatan khusus

Ikan Red Rainbowfish ditetapkan dengan label “Rentan” oleh IUCN Red List. Itu artinya populasi ikan ini rentan di alam liar atau habitatnya. Untuk itulah kita sebagai manusia yang baik wajib untuk ikut melestarikannya sehingga tidak punah di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *