7 Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

Nakama Aquatics – Memelihara kura-kura darat bisa dibilang gampang-gampang susah. Bisa menjadi mudah ketika kamu sudah mempelajari cara untuk merawatnya. Namun akan menjadi sulit kan kalau kamu tidak tahu apa-apa soal merawatnya?

Ketika merawat kura-kura darat pasti kita akan berurusan dengna yang namanya makanan. Setuju? Kita pasti akan mengatur mau diberi makan apa si kura-kura darat yang kita rawat.

Baca juga : Penting!! 5 Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui Saat Memelihara Kura-Kura

Nah kura-kura sebaiknya diberi makanan yang bergizi agar dapat memenuhi kebutuhannya. Semakin bergizi makanan yang kita berikan kepada kura-kura darat tersebut, maka semakin sehat pula kura-kuranya.

Dari berbagai makanan-makanan yang bergizi untuk kura-kura darat nih, ada beberapa yang paling populer lho alias yang paling sering diberikan oleh orang kepada kura-kura daratnya. Memangnya makanan apa aja sih? Langusng saja tanpa basa-basi, simak berikut.

Sumber gambar : [at]mademoisellemi89 (Instagram)

 

1. Kaktus Opuntia / Kaktus Centong

Sumber gambar : tokopedia.com

Yang pertama adalah Kaktus Opuntia atau biasa juga disebut sebagai Kaktus Centong. Kaktus Centong sendiri adalah sejenis kaktus yang termasuk ke dalam famili Cactaceae atau suku kaktus-kaktusan. Kaktus ini memiliki nama latin Opuntia cochenillifera.

Kaktus Centong adalah makanan asli terutama bagi kura-kura darat yang hidup di habitat gurun. Mereka biasanya memakan berbagai kaktus yang ada di sana.

Nah saat kamu memelihara kura-kura darat dan ingin kamu berikan makanan berupa Kaktus Centong, ada hal yang harus kamu perhatikan. Sebisa mungkin untuk memastikan tidak ada duri-duri yang berbahaya bagi si kura-kura.

Kamu bisa memotongnya dengan gunting atau apapun itu agar kaktusnya tidak memiliki duri yang berbahaya. Karena kalau sampai mengenai si kura-kura, tentu bisa jadi mereka bakal terluka.

 

2. Pepaya

Sumber gambar : sahabtnestle.co.id

Pepaya merupakan salah satu makanan yang sangat berigizi bagi kura-kura. Tidak hanya itu, pepaya juga mampu melancarkan sistem pencernaan bagi kura-kura darat.

Kamu cukup membelah pepaya menjadi seperempat bagian, kemudian cukup kamu taruh di dekat kura-kura tersebut dan biarkan mereka memakannya sendiri.

Yang paling penting!! Berikan buah pepaya secukupnya saja ya. Karena jika tidak habis, buah pepaya yang kamu berikan bakal membusuk. Dan kamu pasti bisa menebak kan apa yang terjadi jika si kura-kura darat memakan pepaya busuk tersebut?

 

3. Wortel

Sumber gambar : [at]alessandro_locio (Instagram)

Wortel juga menjadi daftar berikutnya untuk makanan populer bagi kura-kura darat. Dengan rahangnya yang cukup kuat, tentu sangat mudah bagi kura-kura darat untuk mengunyah wortel.

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar agar tumbuhan ini bisa berbunga pada tahun kedua. Nah selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serta sodium.

Makanan ini bisa menjadi rekomendasi kok kalau kamu sedang memelihara kura-kura darat. Kenapa? Selain bergizi, wortel juga mudah didapatkan bukan? Bisa dari tukang jual keliling yang biasanya ada di pagi hari atau mungkin di pasar dan supermarket. Hargnaya pun relatif lebih murah.

 

4. Kangkung

Sumber gambar : rotinrice.com

Kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan juga salah satu tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana pun terutama di kawasan berair.

Kangkung sangat mudah didapatkan di tukang sayur yang biasanya kita temui di pagi hari, atau mungkin jiak kamu pergi ke pasar hari minggu. Di sana banyak sekali yang jual kangkung.

Saat memberi makan kura-kura darat berupa kangkung, jangan lupa untuk memotong kangkung menjadi bagian yang lebih kecil ya agar mereka mudah memakannya. Kangkung yang kamu berikan juga tidak perlu direbus ya, jadi langsung berikan saja.

 

5. Pisang

Sumber gambar : flickr.com

Yang selanjutnya adalah pisang. Hayo, siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini? Pasti tahu dong, atau bahkan kamu malah doyan makan pisang?

Ternyata tidak hanya kamu lho yang bisa makan pisang. Kura-kura darat juga bisa makan pisang. Bahkan bisa dibilang sebagai salah satu makanan yang bergizi bagi si kura-kura tersebut.

Nah pisang itu mempunyai kandungan gizi yang sangat baik lho. Buah ini menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Dan kamu harus tahu bahwa pisang kaya mineral seperti fosfor, besi, kalium, magnesium, dan kalsium.

Kenapa bisa menjadi makanan yang populer untuk kura-kura darat? Karena pisang itu mudah didapatkan. Selain mudah mendapatkannya, pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah bagi kura-kura darat untuk memakannya.

Saat kamu memberi kura-kura darat berupa pisang, selalu ingat untuk mengupasnya terlebih dahulu ya. Dan hati-hati, karena teksturnya yang begitu lembut, biasanya mulut kura-kura darat akan cemot gara-gara pisang. Jadi kamu harus siap membersihkannya ya.

 

6. Bunga Sepatu

Sumber gambar : parfium.bg

Bunga Sepatu atau biasa disebut juga sebagai Kembang Sepatu adalah tanaman semak dari suku Malvaceae. Bunga ini berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis maupun subtropis.

Bunga Sepatu bisa kita jumpai kok di Indonesia. Bahkan jumlah Bunga Sepatu sebernarnya cukup melimpah bila kamu mau mencarinya. Atau jika kamu malas untuk mencarinya, beli saja di pasar.

Biasanya Bunga Sepatu populer diberikan kepada kura-kura darat seperti kura-kura Indian Star dan Sulcata. Biasanya Bunga Sepatu akan ditaruh pada sebuah wadah dan membiarkan kura-kura makan dengan sendirinya.

Baca juga : 7 Jenis kura-kura Darat yang Populer Dipelihara

 

7. Kailan

Sumber gambar : tokopedia.com

Kailan? Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih asing dengan yang satu ini. Kailan adalah sayuran yang berwarna hijau, berdaun tebal, dan datar. Kailan termasuk dalam spesies yang sama dengan brokoli danĀ  kembang kol yaitu Brassica oleracea.

Alasan kailan bisa populer untuk makanan kura-kura darat adalah karena kailan itu mudah didapatkan dan juga mudah menyimpannnya. Mudah menyimpan? Iya, jadi kalau tidak habis masih bisa ditaruh di kulkas. Sehingga lebih awet untuk hari-hari berikutnya.

Saat memberi makan si kura-kura darat dengan kailan, pastikan untuk memotong sayuran ini terlebih dahulu ya. Sebenarnya bisa aja sih kalau tidak dipotong-potong, tapi akan menjadi lebih mudah bagi kura-kura darat untuk makan apabila kailan tersebut dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.

Nah itulah 7 makanan yang populer untuk kura-kura darat. Manakah yang menjadi favoritmu? Coba tulis di kolom komentar ya.

One thought on “7 Makanan yang Paling Populer Untuk Kura-Kura Darat

  • October 24, 2018 at 10:19 am
    Permalink

    Apakah kura kura tidak suka makan daging min??
    Perasaan ada juga masyarakat yang memberikan kura kura makan daging …
    Infonya dong min …

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *