Blackghost Knifefish Si Ikan Hantu Berwarna Hitam

Nakama Aquatics – Blackghost Knifefish? Wah dari namanya saja sudah terlihat menyeramkan. Perlu kamu ketahui, ikan ini adalah ikan hias air tawar yang sangat populer lho di Indonesia. Biasanya banyak juga pemula-pemula yang memelihara ikan ini.

Meskipun warnanya hitam, namun bentuknya yang unik dan lucu menjadi daya tarik tersendiri. Tidak hanya itu, harganya yang murah bikin sebagian besar orang bakal kepincut untuk memilikinya.

Berdasarkan letaknya terhadap permukaan air, ikan Blackghost Knifefish termasuk ikan tipe tengah alias Middle Range. Sebenarnya, fungsi dari ikan tipe tengah adalah membantu membersihkan makanan yang posisinya tanggung (di bawah enggak, di atas juga enggak, artinya berada di tengah-tengah).

Ada juga fungsi lain yaitu untuk meramaikan akuarium sehingga terlihat lebih ramai (Karena buat apa area atas dan bawah ramai tapi di tengah-tengahnya malah sepi?).

Baca juga : 3 Tipe Ikan Berdasarkan Letak Terhadap Permukaan Air

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Gymnotiformes

Famili : Apteronotidae

Genus : Apteronotus

Spesies : A. albifrons

Nama Latin/Ilmiah : Apteronotus albifrons

Sumber gambar : flickr.com

Bentuk Fisik

Sumber gambar : 1fish2fishdartmouth.com

Ciri-cirinya secara fisik? Mungkin kamu sudah bisa menebaknya. Warna ikan Blackghost Knifefish itu hitam pada semua bagian tubuhnya. Kecuali 2 cincin di ekor dan garis putih yang ada di atas hidungnya. Blackghost Knifefish mempunyai ciri fisik yang sama dengan spesies Knifefish lainnya lho yaitu ketiadaan sirip punggung serta sirip dada yang menyatu dengan sirip ekor.

Jika dilihat-lihat, ikan ini memiliki ciri-ciri seperti pisau hitam dengan bagian bawah bisa bergetar-getar seperti hantu. Bahkan ada beberapa yang menyebut Blackghost Knifefish ini seperti bulu ayam.

Ada yang unik nih dari ikan Blackghost Knifefish, ikan ini memiliki kemampuan yang kurang lebih sama dengan cicak. Jika ekor ikan Blackghost Knifefish putus akibat dimangsa ikan lain (atau predator), dalam beberapa waktu ekornya dapat kembali tumbuh. Kemampuan tersebut disebut dengan autotomi.

Ada juga yang unik nih, tubuh ikan Blackghost Knifefish yang mampu menghasilkan sinyal listrik lemah dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Sinyal listrik lemah tersebut berasal dari organ ekor ikan dan dengan cepat didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa , contohnya seperti larva serangga.

 

Penyebaran wilayah

Habitat ikan Blackghost Knifefish adalah Sungai Amazon yang berada di berbagai negara di Amerika Selatan.

 

Makanan

Sumber gambar : medium.com

Blackghost Knifefish memiliki sifat karnivora. Dan yang perlu kamu ketahui adalah ikan ini senang sekali memakan cacing darah dan larva serangga. Namun selama 2 minggu pertama setelah menetas dari telurnya, ikan ini memakan artemi terlebih dahulu.

Saat kamu memelihara ikan ini sebaiknya pakan yang kamu berikan adalah pelet dengan gizi yang tinggi. Untuk variasi makanan bisa kamu berikan berupa cacing darah beku. Hal itu agar gizi si ikan tetap terpenuhi.

 

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : petworlds.com

 Di alam liarnya yaitu Sungai Amazon, mereka biasa hidup di perairan dengan suhu sekitar 23-28 derajat Celcius dan memiliki pH antara 6,5-7,5. Biasanya ikan ini ditemukan dengan vegetasi yang melimpah. Tujuannya untuk apa? Tentu saja untuk tempatnya berlindung atau bersembunyi.

Ikan ini punya karakteristik yang khas yaitu pemalu, mereka senang bersembunyi. Black Ghost Knifefish senang bersembunyi dalam kegelapan pada siang hari dan melakukan aktivitas pada malam hari. Dengan kata lain, mereka juga termasuk hewan nokturnal.

Jadi pastikan saat kamu merawat ikan ini, sebaiknya beri dekorasi berupa goa buatan, batu-batu, tanaman air, atau mungkin kayu yang  bakal sangat berguna untuk tempat ikan ini bersembunyi.

 

Temperamen

Sumber gambar : [at]annabelcorpse (Instagram)

Nah saat kamu memelihara ikan Blackghost Knifefish, tidak disarankan untuk menjadikannya satu tank/akuarium dengan penghasil sinyal listrik lemah lainnya seperti Elephantnose Fish. Beberapa sumber mengatakan hal itu karena sinyal listrik yang dihasilkan dapat merusak sistem radar dan distem navigasi masing-masing ikan. Serta juga bisa memicu konflik diantara mereka apabila digabung dalam satu akuarium/tank.

Dan juga hindari ikan yang galak-galak ya. Karena sudah pasti Blackghost Knifefish akan kalah bersaing atau bahkan bertarung. Contoh ikan yang galak seperti sejenis ikan Cichlid, sudah pasti tidak disarankan untuk digabung bersama dalam satu tank.

 

Reproduksi

Saat proses reproduksi tentu kita harus tahu dan bisa membedakan mana yang jantan dan betina. Ikan Blackghost Knifefish jantan dewasa mempunyai dagu dan bentuk badan yang lurus serta panjang. berbeda dengan betina, mereka cenderung relatif lebih pendek tapi lebih lebar.

Pertama-tama, siapkan induk jantan dan betina dengan rasio 2 banding 1 (2:1). Lalu letakkan ikan Blackghost Knifefish tersebut ke dalam tangki atau tempat breeding yang relatif gelap.

Proses bertelur biasanya bakal terjadi pada saat malam hari. Saat pagi hari, sebaiknya kamu memisahkan telur mereka untuk menghindari telur tersebut dimakan oleh indunya.

Dalam sekali reproduksi, ikan Blackghost Knifefish biasanya menghasilkan telur hingga 200 butir dan menetas 3 hari kemudian. Seperti yang sudah disebutkan tadi, pada saat 2 minggu pertama, anak-anaknya akan memakan artemia terlebih dahulu.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus dari IUCN Red List mengenai Blackghost Knifefish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *