Arapaima Gigas Si Ikan Purba Raksasa Asal Amazon

Nakama Aquatics – Arapaima Gigas adalah ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan predator ini adalah ikan purba yang sudah hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu. Arapaima sangat populer di kalangan pecinta predator. Bahkan Arapaima juga dikenal dengan nama Piracucu.

Perlu kamu ketahui, ikan Arapaima Gigas merupakan salah satu ikan tipe atas alias ‘Top Feeder’. Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe atas adalah membersihkan makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah dan bawah yaitu di area atas permukaan air.

Terkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe tengah dan bawah kesulitan menjangkau makanan yang berada di area atas tepatnya di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat berguna membesihkan makanan yang berada di atas tersebut sehingga airnya akan lebih bersih.

Mengenai ikan Arapaima Gigas, sebenarnya sudah mulai ramai dan banyak yang tahu tentang ikan ini semenjak viral di pertengahan tahun 2018. Lalu seperti apa sih seluk beluk dari ikan Arapaima Gigas? Kamu penasaran? Yuk simak berikut!!

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Osteoglossiformes

Famili : Osteoglossidae

Genus : Arapaima

Spesies : A. gigas

Nama Latin/Ilmiah : Arapaima gigas

Arapaima Gigas Si Ikan Purba Raksasa Asal AmazonSumber gambar : aquarium-berlin.de

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Arapaima Gigas Sumber gambar : tnaqua.org

Arapaima memiliki bentuk fisik yang cukup unik, kalau dilihat-lihat Arapaima memiliki badan yang menyerupai ikan Arwana tetapi dengan kepala yang mirip ikan Gabus. Bagaimana? Cukup eksotis kan menurutmu?

Ikan Arapaima memiliki tubuh berwarna hitam dan kadang beberapa sedikit keabu-abuan. Saat besar, pada ekornya akan terlihat warna oranye kemerahan yang sangat indah.

Sebagai ikan yang memiliki predikat ikan air tawar terbesar di dunia, Arapaima dapat tumbuh mencapai 450 cm di alam liar, tetapi ketika dipelihara hanya mampu mencapai panjang 200 cm dengan berat 150 kg.

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah Arapaima Gigas Sumber gambar : fao.org

Ikan Piracucu memiliki penyebaran wilayah di Sungai Amazon yang mencakup mulai dari Brasil, Guyana, dan Peru. Maka dari itu tidak heran kalau ikan Arapaima cukup ikonik di daerah tersebut. Namun satu lagi, yang mengejutkan adalah ikan Arapaima juga telah dilaporkan berada di Bolivia, Cina, Kuba, Meksiko, Filipina, Singapura, bahkan hingga Thailand. Bisa jadi itu karena hasil ikan Arapaima yang dulu telah dilepas dan beranak-pinak.

Makanan

Makanan Arapaima Gigas Sumber gambar : aquariumdomain.com

Arapaima dapat dibilang memiliki dua predikat sekaligus yaitu ikan air tawar terbesar di dunia dan ikan yang sangat rakus. Ikan dengan nama lain ‘Piracucu’ ini sangat lahap dan memiliki menu makanan yang sangat banyak seperti ikan, udang, reptil, bahkan burung.

Saking rakus dan agresifnya, sudah banyak laporan terkait penyerangan Arapaima terhadap manusia oleh penduduk lokal. Untuk merawat Arapaima sangat mudah terutama dalam hal pakan. Kamu bisa memberi ikan, udang, cacing beku, ulat, bahkan serangga ketika memelihara Arapaima.

Berikan ia makanan antara 1-2 kali sehari. Tergantung dari ukuran tubuh yang dimilikinya. Apakah masih kecil, atau mungkin sudah besar alias dewasa.

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Arapaima Gigas Sumber gambar : shutterstock.com

Dengan memiliki habitat Sungai Amazon yang panjang dan cukup rimbun, Arapaima memiliki adaptasi yang luar biasa. Arapaima sebenarnya mampu bernafas melalui dua cara yaitu insang dan paru paru primitifnya.

Namun Arapaima lebih sering menggunakan paru-paru primitif untuk bernafas, sehingga ikan ini perlu naik ke permukaan air setiap kali ingin mendapatkan udara.

Sayangnya, karakteristik yang membuat Arapaima kadang naik ke permukaan air dimanfaatkan oleh pemburu. Dengan ketergantungan Arapaima naik ke permukaan air untuk mengambil nafas, pemburu sudah langsung siap menangkapnya ketika berada di permukaan air. Karena mudahnya memburu Arapaima inilah yang membuat populasi Arapaima menurun drastis.

Temperamen

Temperamen Arapaima Gigas Sumber gambar : youtube.com

Temperamen Arapaima sebenarnya sangat agresif baik ke sesama spesiesnya maupun dengan ikan-ikan lain. Tapi jangan khawatir, selama ketersediaan pangan tercukupi Arapaima bisa di gabung dengan ikan apa saja. Namun dengan catatan ikan tankmate tidak lebih kecil dari mulut Arapaima.

Catatan khusus

Catatan Khusus Arapaima Gigas Sumber gambar : megafishingthailand.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Arapaima telah lama menjadi korban penangkapan berlebih. Kemudian diperburuk dengan kebiasaan ikan ini yang mudah dieksploitasi ketika muncul ke permukaan air untuk mengambil udara secara langsung. IUCN tidak bisa menetapkan status konservasi Arapaima karena kurangnya informasi rinci tentang perkembangan populasi.

2 thoughts on “Arapaima Gigas Si Ikan Purba Raksasa Asal Amazon

    • October 8, 2018 at 3:23 pm
      Permalink

      Terima kasih atas feedbacknya, semoga informasi tentang Arapaima ini bisa bermanfaat ya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *