Siamese Tigerfish Si Ikan Berloreng Mirip Harimau

Nakama Aquatics – Siamese Tigerfish adalah salah satu ikan predator yang cantik sekaligus garang. Perawakannya yang menawan ini begitu menggoda bagi para pecinta ikan predator. Ikan ini juga punya nama lain yaitu Siamese Datnioid/Datz.

Ikan ini memang sudah lama dijuluki sebagai ikan harimau karena coraknya yang menyerupai seekor harimau. Siamese Tigerfish sebenarnya ikan predator yang sudah sangat populer di kalangan hobiis dan pecinta ikan predator di Indonesia selama beberapa dekade terakhir. Tidak hanya diperjualbelikan di Indonesia saja, bahkan ada beberapa perusahaan yang menjual ikan ini ke luar negeri.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Datnioididae

Genus : Datnioides

Spesies : D. pulcher

Nama Latin/Ilmiah : Datnioides pulcher

Sumber gambar : Fish12rage

Bentuk Fisik

Sumber gambar : youtube.com

Bentuk fisik dari Siamese Tigerfish memiliki garis vertikal kuning dan hitam yang membentang di sepanjang tubuhnya. Jumlah garisnya bervariasi bergantung dari wilayah asalnya. Kemudian di bagian atas, yaitu sirip dorsal, memiliki penampilan seperti duri-duri yang menambah pesona ikan ini. Siamese Tigerfish dapat tumbuh mencapai panjang 45-61 cm.

 

Penyebaran wilayah

Dilansir dari Fishbase dan Wikipedia, Siamese Tigerfish adalah ikan asli Chao Phraya, Mae Klong, dan Mekong.

Makanan

Sumber gambar : aquarist-classified.co.uk

Di alam liar, makanan utama Siamese Tigerfish adalah ikan kecil. Tapi terkadang untuk alternatif menu makanan, ikan ini biasanya memilih udang kecil, kepiting, ulat, dan larva serangga. Sedangkan saat dipelihara di akuarium, para hobiis biasa memberi Siamese Tigerfish makanan berupa ikan kecil. Sesekali agar tidak bosan, para hobiis memberi potongan udang, ulat, maupun serangga seperti jangkrik.

Habitat & Karakteristik

Sumber gambar : livetropicalfish.net

Habitat dari Siamese Tigerfish adalah perairan besar seperti waduk, danau, dan sungai. Ikan ini biasanya tinggal diantara pohon dan akar yang terendam. Siamese Tigerfsih lebih nyaman di air pada pH 7,6-8,0 (dilansir dari Wikipedia). Kemudian untuk suhu airnya adalah 22-26 derajat Celcius. Anda bisa memperkirakan sendiri, jika Anda ingin memelihara ikan ini, apakah pH dan suhu air sudah cocok serta ideal bagi Siamese Tigerfish?

Temperamen

Sumber gambar : youtube.com

Temperamen dari Siamese Tigerfish adalah semi-agresif. Artinya terkadang bisa baik dan juga agresif terhadap tankmate-nya. Kita perlu waspada apabila menggabungkan ikan predator lain dalam satu tank yang sama. Terutama soal ketersediaan pakan, hal ini juga tidak boleh diabaikan dan luput dari pengawasan Anda. Jika terlambar makan atau porsi makan yang diberikan terlalu sedikit, maka saat Siamese Tigerfish lapar bukan tidak mungkin ikan tankmate-nya akan menjadi korban.

Catatan khusus

Siamese Tigerfish dikategorikan sebagai “Critically Endangered” oleh IUCN, yang artinya ikan ini sudah masuk level terancam punah. Kita harus bisa melestarikannya di alam liar khususnya di tanah air tecinta, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *