African Helmeted Turtle Si Kura-Kura Berwajah Senyum

Nakama Aquatics – Pernah mendengar nama African Helmeted Turtle? Atau mungkin kura-kura Subrufa? Nah kali ini Nakama Aquatics akan membahas kura-kura unik yang mampu menunjukan wajah seolah sedang tersenyum, namanya adalah African Helmeted Turtle. Sebelum membahas kura-kura ini lebih lanjut, perlu diketahui bahwa kura-kura ini memiliki beberapa nama lain seperti Marsh Terrapin, Crocodile Turtle, dan African Side-Necked Turtle.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Ordo : Pleurodira

Famili : Pelomedusidae

Genus : Pelomedusa

Spesies : P. subrufa

Nama Latin/Ilmiah : Pelomedusa subrufa

African Helmeted Turtle Si Kura-Kura Berwajah SenyumSumber gambar : smashinglife.co.uk

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik African Helmeted TurtleSumber gambar : biolib.cz

Bentuk fisik dari African Helmeted Turtle sejatinya mudah dikenali. Kura-kura ini memiliki kerapas berwarna hitam atau coklat. Kemudian dengan anggota tubuh yang berwarna keabu-abuan dengan plastron (bagian bawah tempurung kura-kura) berwarna kekuningan. Beberapa ciri-ciri fisiknya ada yang berbeda antara yang jantan dengan yang betina.

Kura-kura jantan memiliki ekor yang lebih panjang dan lebih tebal daripada yang betina. Kemudian kura-kura betina memiliki kerapas yang lebih luas daripada yang jantan dan memiliki kerapas yang berwarna zaitun sampai hitam.

Pada bagian leher kura-kura ini bisa dilipat sampai masuk ke dalam tempurung sehingga memungkinkan untuk mempertahankan diri dari mangsa yang akan mengancamnya. Dan yang membuat kura-kura ini lucu adalah mulutnya yang seolah tersenyum, kura-kura ini cocok bagi Anda yang butuh teman bermain.

 

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah African Helmeted TurtleSumber gambar : pelomedusa.com

African Helmeted Turtle menyebar di sebagian besar wilayah Afrika. Mulai dari Semenanjung Cape sampai Sudan, dari Ghana sampai Cape Town, serta Madagaskar dan Yaman.

 

Makanan

Makanan African Helmeted TurtleSumber gambar : home.bt.com

Makanan kura-kura ini adalah ikan, krustasea (udang-udangan), moluska (siput), insekta (serangga), dan juga cacing tanah. Ternyata dibalik penampilan African Helmeted Turtle yang lucu, kura-kura ini dapat mebuat kita terkejut dengan memangsa burung merpati. Tidak terbayang kan bagaimana kura-kura memangsa burung merpati?

Dan yang tidak kalah unik adalah African Helmeted Turtle lebih sering berburu secara berkelompok. Bahkan bisa dibilang merupakan satu-satunya spesies kura-kura yang berburu secara berkelompok. Saat benar-benar kesulitan mencari mangsa, bangkai pun mnejadi pilihan kura-kura ini untuk dijadikan menu makannya. Bangkai yang dicari oleh African Helmeted Turtle biasanya merupakan bekas makanan buaya yang tersisa.

Oh iya, sifat kura-kura ini yang memakan serangga juga sangat berguna bagi hewan di sekitarnya. Hewan-hewan besar seperti babi hutan, kerbau Cape, kuda nil, dan badak terbantu dengan keberadaan African Helmeted Turtle. Kura-kura ini mampu menghilangkan parasit serta lalat penghisap darah.

Sebenarnya tidak ada hubungan simbiosis mutualisme antara hewan besar tersebut dengan si kura-kura, tetapi ada dugaan bahwa hewan besar tersebut telah belajar memanfaatkannya dari pengalamannya di masa lalu.

Peristiwa ini juga sempat didokumentasikan oleh 2 orang fotografer yang bernama Andy dan Michelle Leighty Jones dalam terbitan yang berjudul Herpetological edisi September 2015.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik African Helmeted TurtleSumber gambar : learnaboutnature.com

African Helmeted Turtle tergolong dalam kura-kura semi-akuatik, yang artinya terkadang kura-kura ini menghabiskan waktunya di darat dan secara begantian juga menghabiskan waktunya di dalam air. Di alam liar, kura-kura ini tinggal di daerah seperti sungai, rawa-rawa, dan juga danau.

African Helmeted Turtle lebih sering ditemukan pada tingkat yang lebih rendah di sepanjang sungai. Otomatis kura-kura ini tidak mungkin ditemukan di daerah pada tingkat yang lebih tinggi seperti pegunungan, hutan, atau bahkan padang pasir.

Karakteristik African Helmeted Turtle cukup menyenangkan karena mereka sangat aktif bahkan di dalam akuarium sekalipun. Tentu karakteristik seperti ini sangat cocok untuk menjadi teman bermain.

Temperamen

Temperamen African Helmeted TurtleSumber gambar : animal-unique.blogspot.com

Temperamen African Helmeted Turtle sebenarnya jinak pada saat bermain dengan manusia bahkan anak kecil sekalipun. Jadi jangan khawatir apabila anak Anda memegang kura-kura ini seorang diri. Kura-kura ini tergolong pemalu, hal ini bisa dilihat pada saat ada seseorang yang memegang African Helmeted Turtle maka kepala kura-kura ini akan masuk ke dalam termpurungnya.

Hanya saja kura-kura ini tidak disarankan untuk menjadi tankmate ikan, karena sudah pasti cepat atau lambat ikan tersebut akan menjadi mangsanya. Dan di bagian sebelumnya juga sudah sempat disinggung bahwa kura-kura ini mampu memangsa sesuatu yang berukuran lebih besar dari dirinya, jadi pastikan untuk mempertimbangkannya dengan matang.

Jika yang menjadi tankmate adalah sesama kura-kura meskipun berbeda spesies, bisa dikatakan masih aman-aman saja.

 

Catatan khusus

Saat ini African Helmeted Turtle masuk ke dalam kategori “Leasts Concern” yang artinya beresiko rendah. Seperti yang diketahui bahwa spesies dengan tingkat resiko rendah adalah kategori IUCN yang diberikan untuk spesies yang sudah dievaluasi namun tidak masuk ke dalam kategori mana pun.

One thought on “African Helmeted Turtle Si Kura-Kura Berwajah Senyum

  • October 25, 2018 at 9:21 am
    Permalink

    baru tau ternyata banyak macam ya kura2 itu.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *