Freshwater Moray Si Belut Dengan Tampang Harimau

Nakama Aquatics – Hayo siapa yang sudah pernah memelihara belut? Kali ini Nakama Aquatics akan membahas belut yang keren yaitu Freshwater Moray. Ikan ini begitu populer di Indonesia karena keindahan coraknya yang menyerupai seekor harimau.

Sebenarnya jika Anda mencari di mesin pencari Google dengan kata kunci “Freshwater Moray” akan keluar berbagai jenis belut atau Moray. Nah tapi berdasarkan data yang dilansir dari Fishbase dan Wikipedia, Freshwater Moray merujuk pada Gymnothorax polyuranodon. Jadi sebelum membaca lebih lanjut, Anda perlu mengerti bahwa Freshwater Moray yang dimaksud adalah Gymnothorax polyuranodon.


Freshwater Moray termasuk ikan tipe bawah atau disebut juga sebagai “Bottom Cleaner”. Terkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe atas dan tengah tidak bisa memakan semua makanan yang diberikan sehingga beberapa jatuh ke bawah dasar akuarium/tank.

Nah di sinilah tugas ikan predator tipe bawah, mereka akan memakan sisa-sisa tersebut sehingga tidak ada makanan yang membusuk (yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kelayakan air akuarium/tank).

Meskipun berasal dari air laut, namun saat ini sudah banyak yang memelihara bahkan menjual ikan ini di air payau hingga air tawar. Menarik bukan? Anda tertarik untuk membelinya? Tunggu dulu, Anda bisa simak seputar Freshwater Moray berikut ini.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Superordo : Elopomorpha

Ordo : Anguilliformes

Famili : Muraenidae

Genus : Gymnothorax

Spesies : G. polyuranodon

Nama Latin/Ilmiah : Gymnothorax polyuranodon

Freshwater Moray Si Belut Dengan Tampang HarimauSumber gambar : monsterfishkeeper.com

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Freshwater MoraySumber gambar : kaskus.co.id

Badan yang dimiliki oleh Freshwater Moray pada umumnya hampir mirip seperti belut-belut pada umumnya. Hanya saja ciri khas dari Freshwater Moray adalah coraknya yang menyerupai harimau. Tidak hanya corak, Freshwater Moray dibekali rahang yang kuat serta gigi yang tajam untuk berburu mangsa.

Freshwater Moray sendiri mampu tumbuh mencapai panjang 150 cm. Wah ternyata seram juga ya, belut ini bisa mencapai 1 meter lebih.

 

Penyebaran wilayah

Freshwater Moray tersebar di sekitar Indo-Pasifik yaitu mulai dari Sri Lanka, Indonesia, Borneo, Papua Niguni, Filipina, dan Fiji.

 

Makanan

Makanan Freshwater MoraySumber gambar : monsterfishkeepers.com

Freshwater Moray adalah ikan karnivora yang berburu dengan mengandalkan indra penciuman daripada penglihatan. Ikan ini berburu begitu aktif dibandingkan beberapa jenis belut lainnya yang hanya menunggu mangsa di tempat.

Makanan utama dari Freshwater Moray adalah udang dan ikan Silversides. Terkadang apabila di sekitar habitatnya terdapat penangkaran, Freshwater Moray tidak segan-segan berburu di tempat penangkaran tersebut.

Perlu diketahui juga ya bahwa Freshwater Moray termasuk hewan nokturnal. Artinya mereka aktif dan berburu pada malam hari.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Freshwater MoraySumber gambar : ruinemans.com

Habitat dari Freshwater Moray adalah perairan air tawar maupun payau. Tapi terkadang Freshwater Moray juga dapat ditemukan di perairan laut. Perairan dengan arus yang tidak terlalu deras tentu sangat disukai oleh Freshwater Moray karena memudahkannya dalam berburu.

Karakteristik dari Freshwater Moray yang perlu diwaspadai ketika Anda memeliharanya adalah kelihaiannya dalam melompat dan kabur dari tank. Ya, Freshwater Moray merupakan pelompat dan tukang kabur yang handal. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memberi penutup pada bagian atas tank sehingga tidak ada celah dan kemungkinan Freshwater Moray untuk kabur.

Di dalam tank, Freshwater Moray akan terlihat sangat aktif berputar-putar mengelilingi seluruh area tank. Mengapa? Karena memang di alam liarnya ikan ini merupakan tipe pemburu yang aktif. Artinya mereka benar-benar mengeksplor suatu tempat dan mencari mangsa.

Berbeda dari jenis-jenis belut kebanyakan yang merupakan tipe pemburu yang pasif, mereka hanya menunggu di suatu tempat entah itu gua persembunyian atau apapun. Ketika mangsa lewat tepat di hadapan mereka, barulah mangsa itu ditangkap atau disergap.

Temperamen

Temperamen Freshwater MoraySumber gambar : gigaexotic.eu

Temperamen Freshwater Moray sejatinya termasuk dalam kategori yang aman kok. Jarang ada cerita ikan ini melakukan sesuatu yang membuat tankmate-nya terluka parah. Yang terpenting ukuran tankmate jangan terlalu kecil, atau mereka akan menganggap itu sebagai mangsa.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Freshwater Moray.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *