African Arowana Si Ikan Arwana Berkepala Bulat

Nakama Aquatics – Siapa sih yang tidak mengenal ikan Arwana? Semua pasti sudah familiar bahkan untuk orang yang tidak memiliki hobi ikan sekalipun. Nah berbicara ikan Arwana, apakah kalian pernah mendengar African Arowana?

African Arowana merupakan ikan Arwana lain daripada yang lain. Bentuknya lucu dan menggemaskan membuat banyak pecinta ikan predator cinta mati. Harganya sendiri juga tidak kelewat batas mahal kok.

Agar Anda lebih familiar lagi, biasanya dalam bahasa Indonesia ikan ini disebut “Arwana Afrika”. Jadi tidak perlu bingung ya. Nakama Aquatics memakai namanya dalam bahasa inggris karena memang itu yang sering digunakan.

Oh iya, African Arowana masuk ke dalam golongan ikan tipe atas, atau biasa disebut sebagai “Top Feeder”. Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe atas adalah membersihkan makanan yang sulit bisa dijangkau oleh ikan tipe tengah dan bawah yaitu di area atas (permukaan air).

Baca selengkapnya : 3 Tipe Ikan Berdasarkan Letak Permukaan Air

Terkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe tengah dan bawah kesulitan menjangkau makanan yang berada di area atas tepatnya di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat berguna membersihkan makanan yang berada di atas tersebut sehingga airnya akan lebih bersih.

Mari kita simak seluk beluk dari African Arowana yang lucu dan menggemaskan ini. Yuk simak berikut.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Osteoglossiformes

Famili : Arapaimidae

Genus : Heterotis

Spesies : H. niloticus

Nama Latin/Ilmiah : Heterotis niloticus

African Arowana Si Ikan Arwana Berkepala BulatSumber gambar : [at]doremonster (Instagram)

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik African ArowanaSumber gambar : [at]theblackpuddle (Instagram)

Bentuk fisik dari African Arowana sangat lucu dan menggemaskan. Jika diperhatikan memang bentuk tubuhnya sekilas mirip ikan Arwana lainnya. Tapi tunggu dulu, coba lihat kepalanya. Ya, kepalanya berbentuk bulat hampir sama seperti ikan Gabus.

Tidak hanya di kepala saja, pada bagian ujung ekor juga berbentuk bulat. Bagi orang awam, mungkin mereka malah mengira ini adalah ikan Gabus. Maklum, karena dari segi fisik tidak jauh beda.

Kemudian untuk ukuran, African Arowana mampu tumbuh mencapai panjang 1 m dengan berat hingga 10 kg. Wah berat juga ya, kira-kira butuh berapa orang untuk mengangkat ikan ini?

African Arowana  memiliki tubuh yang berwarna abu-abu, coklat, atau bahkan perunggu. Yang paling sering dijumpai di pasar adalah warna abu-abu.

 

Penyebaran wilayah

Sesuai namanya, African Arowana, ikan ini berasal dari Afrika. Tapi tepatnya Afrika bagian mana? Bukannya wilayah Afrika itu luas banget ya?

African Arowana menyebar mulai dari Sahelo-Sudan, Senegal, Gambia, serta sebagian wilayah timur Afrika. Wilayahnya mencakup cukup banyak banyak sungai. Diantaranya adalah Sungai Corubal, Volta, Oueme, Niger, Benoue, dan Sungai Nil.

Ternyata tidak hanya sungai, danau pun juga menjadi habitatnya di alam liar. Danau tersebut adalah Danau Chad dan Danau Turkana.

 

Makanan

Makanan African ArowanaSumber gambar : monsterfishkeepers.com

Menu makanan African Arowana sejatinya hampir sama layaknya ikan Arwana seperti biasa, Anda bisa memberinya ikan kecil, potongan udang, cacing beku, ulat, serangga, hingga kodok.

African Arowana memiliki mata yang selalu fokus ke atas, sehingga di alam liar ikan ini sering memangsa sesuatu yang berada di atas permukaan air. Ketika mendapat momentum yang tepat, ikan ini akan lompat setinggi kurang lebih 1-2 meter untuk menangkap mangsa.

Saat mangsa sudah didapat, African Arowana akan melahap mangsanya dengan rahangnya yang sangat kuat. Untuk membuat mangsanya semakin tidak berdaya, ikan African Arowana akan membawa mangsanya ke arah bawah (yaitu bagian dasar).

Baca juga : Ternyata Ini Rahasianya! 5 Langkah Jitu Melatih Menu Makan Bagi Ikan Predator

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik African ArowanaSumber gambar : [at]naturefarm_korea (Instagram)

Habitat African Arowana adalah sungai-sungai di Afrika yang deras dan luas. Tapi keuntungan lain yang didapat adalah di sana terdapat banyak sekali mangsa terutama yang berada di atas permukaan air.

Karakteristik African Arowana sama seperti ikan Arwana lainnya. Ketika Anda memelihara African Arowana, ikan ini senang berputar-putar kelling menjelajahi sekitar tank. Hal ini memang lumrah bila kita berbicara tentang ikan Arwana.

Temperamen

Temperamen African ArowanaSumber gambar : [at]aqua_canis (Instagram)

Temperamen African Arowana bisa dibilang aman bagi ikan apapun. Dengan catatan, tankmate tidak boleh lebih kecil daripada mulut African Arowana. Bila lebih kecil dari mulutnya maka tidak ada lagi yang namanya tankmate, yang ada malah mangsa. Pastinya tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Biasanya African Arowana sangat cocok digabung dengan ikan predator lainnya seperti ikan Pari, Golden Dorado, Peacock Bass, Goliath Tigerfish, Payara Armatus, Alligator Gar, dll. Anda ingin tahu ikan predator apa saja yang populer menjadi tankmate ikan Arwana? Cek disini.

Apapun itu, pastikan ukuran sesama ikan harus sepadan. Tidak boleh ada yang lebih kecil maupun lebih besar.

 

Catatan khusus

Hingga saat ini, African Arowana dilabeli “Leasts Concern” oleh pihak IUCN Red List. Artinya, ikan ini sudah dievaluasi namun tidak masuk kategori manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *