Pictus Catfish Si Leopard Salju Dengan Pungung Berduri

Nakama Aquatics – Pictus Catfish adalah sejenis ikan lele dari family Pimelodidae yang terkenal unik dan lucu. Bentuknya yang mirip macan Leopard Salju menjadi salah satu alasannya. Selain itu, Pictus Catfish merupakan ikan nokturnal yaitu ikan yang lebih aktif pada malam hari untuk berburu.

Ikan ini sangat cocok untuk dijadikan tipe bawah (Bottom Cleaner) karena karakternya lebih condong ke tipe pengendus bangkai. Ini bisa dilihat dari ciri fisik Pictus Catfish yang memiliki 3 pasang kumis yang digunakan untuk mendeteksi mangsa atau makanan.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Siluriformes

Famili : Pimelodidae

Genus : Pimelodus

Spesies : P. pictus

Nama Latin/Ilmiah : Pimelodus pictus

Pictus Catfish Si Leopard Salju Dengan Pungung BerduriSumber gambar : houseaqua.ru

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Pictus CatfishSumber gambar : aquariumlife.net

Jika dilihat secara sekilas, bentuk fisik Pictus Catfish mirip dengan Leopard Salju (Snow Leopard). Tubuhnya yang berwarna silver dengan bintik-bintik hitam yang menghiasi Pictus Catfish, membuat ikan ini terlihat mirip dengan hewan Leopard Salju. Kemudian ada ciri khas yang unik lagi yaitu terdapat tulang pada sirip punggung dan dada Pictus Catfish yang sangat tajam. Sehingga disarankan saat berurusan dengan ikan ini, hanya orang dewasa atau orang-orang yang sudah terampil menghadapi ikan yang berbahaya (meskipun dengan ukuran kecil).

Ikan ini mampu tumbuh mencapai panjang sekitar 11-13 cm. Pictus Catfish tergolong ikan yang kecil karena hanya mampu tumbuh sampai belasan centimeter saja. Jadi pertimbangkan juga terkait ukuran tank apabila Anda tertarik memelihara ikan yang lucu dan menggemaskan ini.

 

Penyebaran wilayah

Penyebaran Wilayah Pictus CatfishSumber gambar : en.wikipedia.org

Pictus Catfish menyebar di sungai yang cukup terkenal yaitu Sungai Amazon dan Sungai Orinoco. Letak kedua sungai tersebut berada di Amerika Selatan.

 

Makanan

Makanan Pictus CatfishSumber gambar : fishkeepingadvice.com

Pictus Catfish adalah hewan omnivora, yang artinya Pictus Catfish bisa memakan ikan maupun tanaman air. Tapi dalam beberapa kasus, ikan ini hanya memakan tanaman air bila kepepet saja. Biasanya ikan ini memakan ikan-ikan kecil atau bangkai-bangkai invertebrata air. Saat Anda memelihara ikan ini, Anda bisa memberinya ikan kecil, cacing beku, maupun potongan udang.

Oh iya, Pictus Catfish mencari makan menggunakan 3 pasang kumisnya yang panjang dan berwarna putih. Dengan 3 pasang kumisnya tersebut Pictus Catfish dapat dengan mudah menemukan makanan seperti bangkai ikan di sekitar dasar perairan.

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Pictus CatfishSumber gambar : pinterest.co.uk

Karakteristik Pictus Catfish yang paling mencolok adalah ikan ini merupakan ikan yang nokturnal, ketika malam hari ikan ini begitu aktif berburu mangsa. Pictus Catfish lebih menyukai lingkungan yang gelap, maka dari itu Anda disarankan untuk menyediakan tempat bersembunyi bagi Pictus Catfish apabila Anda ingin merawatnya.

Pictus Catfish begitu nyaman di perairan dengan kondisi pH 5,6 – 6,8. Picuts Catfish juga senang dengan perairan yang dangkal tapi juga mengalir. Dan juga ikan ini senang dengan perairan yang bersubstrat pasir maupun lumpur. Jadi pemberian substrat seperti pasir atau batu-batu kecil di tank sangat disarankan ketika Anda memelihara ikan ini.

Temperamen

Temperamen Pictus CatfishSumber gambar : orwellaquatics.uk

Temperamen Pictus Catfish sebenarnya baik-baik saja, yang perlu diingat hanyalah bahwa Pictus Catfish masih golongan ikan predator. Lucunya, seringkali ditemukan Pictus Catfish menjadi tankmate bagi ikan-ikan kecil seperti ikan Molly, ikan Neon Tetra, ikan Guppies dan sejenisnya yang notabenenya adalah mangsa empuk bagi si Pictus Catfish. Ikan ini disarankan dipelihara secara berkelompok, paling tidak 5 sampai 7 ekor cukup.

 

Catatan khusus

Saat ini belum ada catatan khusus mengenai populasi dari beberapa sumber termasuk Wikipedia karena dari pihak IUCN belum melakukan evaluasi terhadap Pictus Catfish.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *