6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Atas Yang Populer

Nakama Aquatics –¬†Berbagai jenis ikan predator air tawar terkadang membuat kita bingung menentukan akan membeli jenis ikan yang mana. Padahal jika kita benar-benar mengerti tipe ikan berdasarkan letak terhadap permukaan air khususnya tipe atas, kita akan lebih selektif dalam membeli ikan khususnya ikan predator.

Nah karena itulah Nakama Aquatics akan mengulas ikan-ikan predator air tawar tipe atas yang populer dipelihara. Sebenarnya, fungsi dari ikan predator tipe atas adalah membersihkan makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah dan bawah yaitu di area atas permukaan air.

Terkadang dalam beberapa kasus, ikan tipe tengah dan bawah kesulitan menjangkau makanan yang berada di area atas tepatnya di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat berguna membesihkan makanan yang berada di atas tersebut sehingga airnya akan lebih bersih.

Apa saja ikan predator tipe atas tersebut? Anda bisa juga menggunakan daftar berikut untuk pertimbangan dalam membeli ikan tipe atas.

1. Alligator

Alligator Ikan Predator Tipe AtasIkan Alligator adalah ikan predator tipe atas yang cukup umum dan populer karena selain harganya yang terjangkau, Alligator juga mudah dalam perawatannya. Soal makanan tidak perlu ditanya, ikan Alligator adalah ikan predator yang sangat rakus. Mulai dari ikan kecil, ikan besar, cacing beku, udang, hingga ulat akan dilahap semuanya.

Selain itu bentuk kepalanya yang sama seperti buaya juga menambah kesan garang tersendiri di tank anda. Meskipun bisa jadi ketika tankmate Alligator muat di mulutnya, kemungkinan tankmate-nya akan menjadi mangsa.

Jenis Alligator yang bisa anda pilih adalah Spatula Gar, Florida Gar, Longnose Gar (yang paling disarankan karena mulutnya kecil sehingga minim resiko memakan tankmate-nya), Shortnose Gar, dan masih banyak lagi.

 

2. Arwana

Arwana Ikan Predator Tipe AtasIkan Arwana adalah ikan kedua yang cukup umum dan populer untuk dijadikan ikan predator tipe atas. Anda bisa lihat dan cek, kebanyakan hobiis memelihara ikan Arwana sebagai tipe atasnya. Pilihan ini cukup masuk akal karena ikan Arwana akan makan di area permukaan air bahkan di udara.

Dalam beberapa kejadian, ikan Arwana yang dipelihara di akuarium seringkali kedapatan sedang berusaha melompat untuk meraih makanan yang akan diberikan oleh si pemilik. Padahal tangan si pemilik baru saja mendekati tepat di atas permukaan air, tapi ikan Arwana ini sudah melompat untuk meraihnya.

Ini semua karena mata Arwana yang penglihatannya cenderung menghadap ke atas. Oh iya, jenis Arwana yang bisa anda pilih adalah Super Red, Red Tail Golden, Red Banjar, Golden Pino, Silver, African, dll.

 

3. Hujeta Gar

Hujeta Gar Ikan Predator Tipe AtasYang berikutnya adalah Hujeta Gar. Meskipun masih berhubungan dengan keluarga Alligator, Hujeta Gar memiliki perbedaan yang tidak dimiliki keluarga Alligator lainnya. Yaitu laju pertumbuhannya yang sangat lambat. Ikan yang menyerupai roket dan torpedo ini sering terlihat di area permukaan air (area atas).

Ikan yang memiliki penyebaran wilayah di Panama dan Amerika Serikat ini berburu dengan kecepatan tinggi bahkan dengan air yang berarus deras sekalipun. Dan itu semua hampir selalu terjadi di area atas akuarium/tank. Sebenarnya tidak perlu berpikir dua kali untuk memilih ikan ini sebagai ikan predator tipe atas di tank milik anda.

Tempramen yang baik dan tidak jahil apalagi jahat kepada ikan lain menjadi alasan utamanya. Sehingga suasana tank tetap damai dan tentram. Kemudian fleksibilitas pakan ikan ini juga perlu diperhatikan.

Hujeta Gar merupakan ikan predator air tawar tipe atas yang bisa memakan ikan kecil, cacing beku, atau udang. Sehingga jika memberi makan berupa cacing beku, diharapkan bisa benar-benar membersihkan area atas. Tempat area tersebut sulit dijangkau oleh ikan tipe bawah seperti ikan Pari.

 

4. Paddlefish

Paddlefish Ikan Predator Tipe AtasIkan predator air tawar tipe atas berikutnya adalah Paddlefish. Ikan ini juga dikenal dengan nama Polyodon Spatula. Ikan yang terkenal dengan hidungnya yang menyerupai dayung panjang dan mirip hiu gergaji ini merupakan perenang aktif.

Ketika anda memelihara Paddlefish, anda akan melihat ikan ini berputar-putar di area atas tank, dekat dengan permukaan air. Ikan predator tipe atas ini sudah hidup sebelum zaman dinosaurus (berdasarkan penelitian).

Paddlefish bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk ikan tipe atas, karena ikan ini juga memiliki hidung yang unik dan menyerupai dayung sehingga memiliki daya tarik untuk memikat banyak orang.

Saat dalam proses makan, Paddlefish begitu efektif untuk membersihkan area atas karena karakteristiknya yang merupakan perenang aktif sehingga selalu berputar-putar. Dengan selalu berputar-putar mengelilingi akuarium/tank akan memastikan bahwa area atas sudah bersih dari sisa-sisa makanan.

5. Arapaima

Arapaima Ikan Predator Tipe AtasSumber gambar : tnaqua.org

Arapaima memang di alam liar sering terlihat di permukaan air untuk mengambil udara secara langsung. Anda tahu? Justru itu menjadikannya kelemahan karena pada saat Arapaima naik mengambil udara, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab berburu Arapaima dengan menjebaknya saat mengambil udara tersebut. Sehingga itulah yang membuat terancam.

Saat anda akan memilih ikan predator tipe atas apa yang cocok? Mungkin arapaima bisa menjadi pilihan sebab selain cara merawat yang mudah, orang yang melihatnya juga akan terkagum dengan bentuk indahnya.

Arapaima merupakan ikan purba sehingga bentuk fisiknya pun tidak jauh berbeda dengan ikan-ikan zaman dahulu.

 

6. Snakehead (Channa)

Snakehead Ikan Predator Tipe AtasSumber gambar : tnaqua.org

Ikan Snakehead adalah alternatif yang terakhir jika kelima daftar sebelumnya tidak memungkinkan. Kenapa kita meletakkan ikan Snakehead di urutan terakhir? Karena dalam memelihara Snakehead atau Channa, perlu perhatian ekstra. Penutup di atas tank harus benar-benar rapat dan tidak meninggalkan celah.

Apabila ada sedikit saja celah yang dibuat, besar kemungkinan akan menjadi peluang Snakehead untuk kabur. Anda memiliki banyak pilihan spesies ketika ingin memelihara Snakehead/Channa. Contoh jenis Channa seperti Diplogramma, Lucius, Aurantii, Bankensis, Barca, dan masih banyak lagi.

Itulah 6 ikan predator air tawar tipe atas yang populer. Bijaklah dalam menggabungkan sesama ikan predator tipe atas dalam satu tank untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Entah itu berebut makanan hingga saling makan satu sama lain. Semoga daftar 6 ikan predator air tawar tipe atas yang populer dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi anda.

2 thoughts on “6 Ikan Predator Air Tawar Tipe Atas Yang Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *