Super Red Arowana Si Ikan Naga Termahal di Dunia

Nakama Aquatics – Ikan Arwana dikenal sebagai ikan termahal di dunia. Tapi apakah semua ikan Arwana itu ikan yang mahal? Tidak kok, hanya satu jenis ikan Arwana yang paling mahal.

Jenis apa itu? Ikan Arwana yang paling mahal adalah Super Red Arowana. Ya, Super Red Arowana memang terkenal di kalangan pecinta ikan hias sebagai ikan termahal di dunia.

Saat ukurannya sekitar 15 cm saja harganya bisa jutaan. Apalagi jikaukurannya 20 cm ke atas, harga Super Red Arowana bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Bergantung dari kualitas ikan tersebut.

Tahukah Anda bahwa Super Red Arowana ini termasuk ikan tipe atas “Top Feeder”. Fungsi dari Super Red Arowana sebagai ikan predator tipe atas adalah membersihkan makanan yang sulit dijangkau oleh ikan tipe tengah maupun bawah, yaitu di area atas permukaan air.

Jadi sering ada kejadian seperti ini, ikan tipe tengah dan bawah kesulitan menjangkau makanan yang berada di area atas tepatnya di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat berguna membesihkan makanan yang berada di atas tersebut sehingga airnya akan lebih bersih.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Osteoglossiformes

Famili : Osteoglossidae

Genus : Scleropages

Spesies : S. formosus

Subspesies : S. legendrei

Nama Latin/Ilmiah : Scleropages legendrei

Super Red Arowana SI Ikan Naga Termahal Di DuniaSumber gambar : [at]doremonster (Instagram)

Bentuk Fisik

Bentuk Fisik Super Red ArowanaSumber gambar : [at] doremonster (Instagram)

Secara anatomi tubuh, Super Red Arowana tidak jauh berbeda dengan jenis ikan Arwana lainnya. Dengan ujung ekor tidak melancip, melainkan berbentuk bulat.

Super Red Arowana umumnya berwarna merah pada bagian tubuhnya dan warna putih pada bagian perut. Namun ternyata ada juga yang warnanya merah secara keseluruhan. Sehingga kesan mewah sudah tentu ada pada diri Super Red Arowana.

Soal ukuran, Super Red Arowana dapat mencapai panjang hingga 90 cm. Hampir sama dengan ikan Red Tail Golden Arowana.

 

Penyebaran wilayah

Super Red Arowana hanya dapat ditemukan di Sungai Kapuas dan Kalimantan Barat, Indonesia. Wah eksklusif banget ya, tidak heram kalau harganya setinggi langit.

Makanan

Makanan Super Red ArowanaSumber gambar : [at] doremonster (Instagram)

Sama seperti ikan Arwana pada umumnya, Super Red Arowana senang sekali makanan seperti ikan kecil, katak, ulat, hingga jangkrik.

Super Red Arowana memiliki mata yang selalu melihat ke atas, sehingga ikan termahal ini begitu ahli berburu mangsa yang posisinya berada di atas permukaan air. Nah untuk menangkap mangsa tersebut, Super Red Golden Arowana ternyata bisa melompat hingga mencapai ketinggian 2 meter.

Ketika Anda memelihara Super Red Arowana, sebaiknya beri makanan berupa udang ya. Kenapa harus udang? Tahukah Anda bahwa udang termasuk asupan yang sangat baik bagi Super Red Arowana karena mengandung karotenoid.

Karotenoid yang terdapat pada udang sangat membantu dalam hal pembentukan warna tubuh si Super Red Arowana.  Jika Anda ingin warna Super Red Arowana merah menyala dan cerah, Anda cukup memberinya makan berupa udang,

Tetapi jangan lupa juga ya untuk selalu memberi makan yang bervariasi. Jangan terlalu sering diberi makan udang.

Tidak ada salahnya kok seandainya sesekali diberi makan berupa ulat hongkong/jerman, jangkrik, atau bahkan katak.

 

Habitat & Karakteristik

Habitat & Karakteristik Super Red ArowanaSumber gambar : [at]doremonster (Instagram)

Habitat Super Red Arowana adalah perairan yang gelap (tapi tetap transparan), berarus lambat, dan terdapat banyak sekali vegetasi di sekitarnya. Ikan ini bisa juga ditemukan di hutan rawa maupun lahan basah.

Ketika Anda memelihara ikan termahal di dunia ini, sebenarnya yang perlu Anda siapkan hanyalah tank dengan area yang terbuka untuk berenang ketika ingin memelihara ikan ini.

Mengapa begitu? Karena dekorasi yang berlebihan hanya akan mengganggu si Super Red Arowana saat berenang. Tidak disarankan juga ya memberi dekorasi berbahaya seperti kayu-kayu atau batu yang pinggirannya tajam karena hal tersebut akan melukai Super Red Arowana.

Karakter Super Red Arowana sama seperti ikan Arwana lainnya. Ikan ini suka berada di area atas, di sekitar permukaan air. Apabila Anda memeliharanya di akuarium, Super Red Arowana termasuk ikan yang aktif berenang kesana-kemari.

 

Temperamen

Temperamen Super Red ArowanaSumber gambar : [at]doremonster (Instagram)

Anda tidak perlu khawatir masalah temperamen Super Red Arowana. Ikan ini diketahui sama sekali tidak berbahaya bagi tankmate lain.

Tapi yang harus selalu Anda ingat adalah Super Red Arowana tetaplah ikan predator. Yang namanya ikan predator tetap akan memangsa pabila tankmate terlalu kecil dan memungkinkan untuk masuk ke dalam mulutnya.

 

Catatan khusus

Super Red Arowana dilabeli “Endangered” oleh pihak IUCN Red List. Itu artinya Super Red Arowana dalam keadaan genting terkait kepunahan populasinya di alam liar. Yuk mari kita ikut berkonstribusi untuk menjaga kelestariannya di alam liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *