Fire Eel Si Belut Bercorak Api

Nakama Aquatics – Anda merupakan salah satu penggemar ikan belut? Mungkin ada baiknya apabila Anda mencoba memelihara ikan yang satu ini. Fire Eel, si belut dengan corak api.

Corak api? Serius? Iya, keren kan? Inilah yang membuatnya cukup memiliki banyak penggemar di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Nah sekarang mulai penasaran kan tentang Fire Eel?

Fire Eel adalah ikan predator tipe bawah, atau biasa kita sebut sebagai “Bottom Cleaner”. Fungsi dari ikan predator tipe bawah adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang masih ada di bagian bawah tank/akuarium sehingga lebih bersih.

 

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Synbranchiformes

Famili : Mastacembelidae

Genus : Mastacembelus

Spesies : M. erythrotaenia

Nama Latin/Ilmiah : Mastecembelus erythrotaenia

Fire Eel Si Belut Bercorak ApiSumber gambar : [at]hertfordshire_fisheries (Instagram)

 

Bentuk Fisik

Bentuk fisik Fire EelSumber gambar : [at]whiteoaktropical (Instagram)

Sebenarnya sih Fire Eel memiliki bentuk fisik yang hampir sama kok seperti ikan belut pada umumnya. Hanya saja pada bagian ekornya terdapat seperti sirip yang sedikit lebar dan sedikit meruncing bagaikan duri.

Tapi tunggu dulu!! Ada satu hal penting yang harus diperhatikan bahwa Fire Eel sebenarnya bukan termasuk ke dalam kategori ikan belut. Fire Eel hanya ikan yang punya bentuk memanjang dengan moncong yang runcing dengan mulut di bawahnya.

Jadi walaupun sekilas mirip ikan belut dan ikan ini sampai dijuluki “Si belut bercorak api”, tapi sebenarnya bukan termasuk ikan belut ya. Julukan tersebut hanya sekedar sapaan saja supaya orang yang masih awam merasa lebih akrab.

Dari segi warna warna, Fire Eel termasuk ikan yang sangat memukau untuk sekelas ikan belut. Tubuhnya yang coklat kehitaman dihiasi dengan corak api berwarna merah, oranye, dan kuning sungguh luar biasa fantastis.

Soal ukuran, Fire Eel dapat tumbuh mencapai panjang sekitar 1 m. Wah cukup besar juga ya.

 

Penyebaran wilayah

Fire Eel menyebar di hampir sebagian besar daerah dataran rendah di Asia Tenggara. Dimana saja itu? Mulai dari Sumatera (Indonesia), Borneo (Indonesia dan Malaysia), Semenanjung Malaysia, Myanmar, Thailand, hingga Vietnam.

 

Makanan

Makanan Fire EelSumber gambar : [at]chrigashusse (Instagram)

Makanan dari Fire Eel bermacam-macam mulai dari cacing tanah, udang, cacing beku, larva serangga, cacing darah, hingga ikan kecil. Untungnya adalah Fire Eel tidak suka memilih-milih makanan, ikan ini gemar makanan yang mati maupun hidup.

Berbicara soal makanan, Fire Eel memang cukup fleksibel. Jadi santai saja, tidak perlu pusing tujuh keliling memikirkan soal makanan apabila ingin memelihara Fire Eel.

Habitat & Karakteristik

Habitat & karakteristik Fire EelSumber gambar : [at]chrigashusse (Instagram)

Habitat Fire Eel adalah sungai yang bergerak pelan atau lambat. Biasanya Fire Eel ditemukan di daerah perairan dengan dasar berlumpur.

Selain itu perlu diketahui bahwa Fire Eel adalah hewan nokturnal, artinya ikan ini berburu/aktif di malam hari tetapi tidur/istirahat ketika siang hari. Tentu ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan manusia pada umumnya.

Saat bersembunyi atau bersitirahat, Fire Eel senang sekali mengubur dirinya pada lumpur atau substrat lainnya. Dan seringkali Fire Eel hanya menampakkan moncongnya saja.

Ketika Anda memelihara Fire Eel, Anda bisa menambahkan dekorasi yang bisa membuatnya bersembunyi dalam selimut kegelapan seperti batu-batuan, kayu, goa-goaan, atau dekorasi apapun yang bisa digunakan untuk sembunyi.

Dan jangan lupa beri juga substrat pasir agar semakin mirip dengan habitat aslinya.

Temperamen

Temperamen Fire EelSumber gambar : [at]whiteoaktropical (Instagram)

Temperamen Fire Eel cukup baik. Tapi tetap berhati-hati ya, pasalnya Fire Eel bisa saja lho melukai ikan lain ketika kelaparan.

Karena itulah berhati-hati apabila Anda ingin menggabungkannya dengan ikan pari. Karena mereka sama-sama ikan tipe bawah (Bottom Cleaner), ada kemungkinan ikan pari akan menjadi korban ketika Fire Eel kelaparan. Bahkan tidak menutup kemungkinan tubuh ikan pari bisa sobek-sobek.

 

Catatan khusus

Fire Eel digolongkan kategori “Least Concern” oleh pihak IUCN. Itu artinya Fire Eel masih memiliki risiko yang rendah terkait kepunahannya di habitat aslinya. Meski begitu, tetap jaga kelestariannya ya.

2 thoughts on “Fire Eel Si Belut Bercorak Api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *