Startup eFishery, Teknologi Cerdas untuk Budidaya Ikan

Nakama Aquatics – Bisnis peternakan ikan masih sangat menjanjikan karena bisa dimulai dalam skala kecil rumahan dengan modal yang terbatas hingga skala besar untuk ukuran tambak dengan modal besar pula. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali petani ikan dengan jumlah kolam dan tambak yang juga tidak bisa dikatakan sedikit.

Startup eFishery Teknologi Cerdas untuk Budidaya IkanSumber gambar : Tech In Asia

 

Masalah pada budidaya ikan

Hanya saja banyak dari mereka para petani yang kemudian mengeluhkan bahwa air yang mereka miliki menyebabkan pertumbuhan ikan yang ada di kolam menjadi tidak sehat, sering terkena hama dan jamur atau penyakit lainnya. Apalagi yang namanya bibit ikan tidak bisa bertumbuh bersama-sama dalam waktu yang seragam sehingga menyebabkan perawatan menjadi sebuah hal yang sulit.

Ternyata setelah didalami, masalah tersebut disebabkan karena masalah makanan ikan itu sendiri. Selama ini mungkin tidak disadari jika banyak petani ikan yang memberi makan ikan-ikannya tetapi kemudian makanan tersebut tidak habis dimakan ikan dan menyisakan sisa di dalam kolam.

Sisa makanan itu ternyata akan berubah menjadi residu disana. Hal itulah yang kemudian menyebabkan gas nitrat menjadi tumbuh subur dan membuat jamur tumbuh dengan suburnya.

Peternak ikan di Indonesia berkembang pesatSumber gambar : eFishery

 

Budidaya ikan berkembang pesat

Fakta jika budidaya ikan merupakan peluang bisnis yang akan terus berkembang pesat di Indonesia adalah benar. Apalagi saat ini konsumsi ikan semakin digalakkan dan menjadi program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Konsumsi ikan sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak dan pertumbuhan, tidak heran jika saat ini generasi muda diwajibkan makan ikan untuk mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki. Ditengah banyaknya makanan dan minuman yang tidak sehat, konsumsi ikan harus tetap yang utama.

Apa yang kita makan itulah yang akan kita hasilkan dan ikan mengandung omega 3 dan 6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jika ingin cerdas maka konsumsi ikan adalah kewajiban.

Bagi Anda yang juga menjalani bisnis sebagai petani ikan maka saat ini sudah ada kemajuan teknologi yang akan membuat bisnis Anda berjalan dengan lebih mudah. Namanya adalah eFishery.

Produk eFishery sangat terjangkauSumber gambar : eFishery

 

Solusi dari eFishery

Produk startup eFishery ini adalah terobosan baru yang akan membuat proses pemberian makan ikan bisa dilakukan secara otomatis tidak lagi harus menggunakan tenaga manusia dengan cara manual. Ini adalah startup yang memberikan solusi dalam dunia perikanan.

Banyak layanan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan eFishery dan salah satunya adalah memberi makan ikan secara otomatis.

Cara kerjanya adalah mesin yang akan langsung terhubung dengan sensor pada makanan ikan dan secara otomatis cloud akan mendapatkan laporan yang fungsinya untuk memberi kepastian apakah ikan yang ada di kolam semuanya sudah makan atau belum.

Solusi ini adalah bukti dari kemajuan dunia teknologi yang terus masuk ke dalam berbagai sektor bisnis dan kehidupan manusia. Nantinya petani ikan bisa lebih efisien saat akan memberi makan ikan dan kualitas air yang ada di kolam juga jauh lebih terjaga kondisinya.

Mesin ini akan membaca kebutuhan makanan yang ada di setiap kolam ikan sehingga nantinya semua makanan akan habis dimakan ikan tidak ada yang terbuang percuma.

eFishery membawa banyak manfaatSumber gambar : eFishery

Sebagai informasi, startup eFishery ini juga sukses masuk ke dalam Launchpad Accelerator yang menjadi first class di Google. Dan semua mesin hasil produksi masih terus dikembangkan dengan maksimal.

Saat ini, lokasi nya ada di kota Bandung dan dalam satu bulan mereka bisa memproduksi sebanyak 200 buah. Sampai saat ini startup eFishery ini masih dikerjakan sendiri namun juga pesanan yang datang semakin banyak maka akan mencari partner untuk mempercepat proses perakitan dan distribusi mesin tersebut.

Kabar baiknya, startup eFishery ini bisa Anda beli atau juga disewa. Tentu saja untuk teknologi yang termasuk masih sangat baru ini penawaran tersebut menjadi sebuah hal yang sangat menarik. Untuk biaya sewa sistem dan mesin lengkap eFishery tersebut harganya berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Harganya sendiri berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan kolam yang Anda miliki. Untuk saat ini layanan startup eFishery ini masih tersedia hanya di pulau Jawa dan pulau Sumatera saja.

Untuk konsumen terbesar ada di wilayah Sumatera Selatan dan juga Jawa Barat. Diharapkan produk ini bisa menjangkau wilayah Indonesia lainnya dalam waktu dekat.

Teknologi ini dicetuskan awalnya oleh seorang pria yang bernama Gibran Huzaefah yang merupakan mantan mahasiswa lulusan ITB Bandung. Pria pintar ini kemudian menciptakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk memberi makanan untuk ikan dan juga udang dengan menggunakan program khusus dan dioperasikan langsung dengan memanfaatkan gadget yang Anda miliki.

Proses monitoringnya juga dilakukan secara real time. Nantinya semua ikan dan udang di dalam kolam dan tambak akan diberi makan sesuai dengan dosis yang mereka butuhkan selain itu setiap waktu makan juga tercatat secara otomatis.

Ikan dan udang akan makan dengan waktu yang tepat. Tidak hanya sebatas itu, alat ini juga sangat pintar karena nafsu makan ikan dan udang bisa dideteksi dan semua laporan dan performa ikan dan udang akan tercatat di sistem secara online.

Produk eFishery sangat bermanfaat bagi peternak ikanSumber gambar : eFishery

Anda bisa mengucapkan selamat tinggal untuk masalah over feeding, makanan ikan yang disalahgunakan atau waktu makan ikan yang tidak menentu. Ini adalah sebuah solusi yang sangat terjangkau, bisa dipercaya dan bekerja dengan sangat baik.

 

Fitur dari eFishery

Ada beberapa fitur yang tersedia dalam startup eFishery ini yaitu:

Real time monitoring : Fungsinya untuk memberi laporan untuk makanan ikan yang bisa diakses kapan saja secara langsung dengan memanfaatkan gadget yang Anda punya.

Smart feeder : Fitur untuk memberi makanan ikan dengan dosis dan komposisi tepat sesuai yang dibutuhkan oleh ikan yang Anda miliki. Selain itu ada juga fasilitas untuk jadwal pemberian makan ikan agar lebih teratur.

Easy to use : Setting pada alat ini sangat simple, dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Untuk bisnis peternakan ikan ini adalah pilihan dan sahabat terbaik Anda.

Semua fitur diatas sudah tersedia di dalam startup ini dengan cara kerja dimana sensor untuk deteksi nafsu makan ikan akan bekerja otomatis. Dengan begitu sebagai petani ikan maka Anda akan lebih mudah saat memonitor kondisi ikan berikut memberi mereka makan setiap hari.

Dengan begitu sekalipun Anda memiliki banyak kolam dengan jarak yang berjauhan tidak akan menjadi masalah karena alat ini akan mempermudah dan membantu Anda untuk tetap menjaga ikan-ikan agar selalu terpantau dengan baik.

Kolam dengan produk startup eFisherySumber gambar : eFishery

Hanya tinggal perlu menekan tombol pada eFishery maka ikan sudah bisa mendapatkan makanannya dengan tepat waktu. Kapasitas eFishery sendiri bisa disesuaikan dengan kapasitas tambak atau kolam yang Anda miliki.

Untuk investasi yang dibutuhkan jika ingin membeli alat ini berkisar antara 7 juta hingga 9 juta rupiah. Cukup terjangkau untuk bisnis yang tak pernah kenal batas waktu ini. Dan tentunya keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih besar dari angka tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *