Jelang Ramadhan, Ini 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara Ikan

Nakama Aquatics – Bulan Ramadhan telah tiba, bulan waktu umat muslim menjalankan ibadah puasa. Puasa biasanya membuat sebagian besar orang menghemat tenaganya untuk melakukan aktivitas yang berlebihan.

 

Jelang Ramadhan, Ini 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memelihara IkanSumber gambar : Agus Haryanto (Facebook)

Nah bagi Anda yang memelihara ikan sekaligus juga menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja itu? Simak berikut.

 

1. Air bersih untuk seminggu pertama

Merawat ikan hias termasuk ikan predator tentu tidak lepas dari kegiatan menguras air kan? Nah apa jadinya jika aktivitas menguras air akuarium tersebut dilakukan saat hari puasa? Tentu melelahkan sekali.

Maka dari itu diperlukan persiapan sebelum menghadapi hari-hari puasa dimana tenaga kebanyakan orang terbatas.

Pastikan di dalam akuarium, tidak ada kotoran ikan (biasanya berbentuk bulat atau sedikit lonjong). Apabila memang kotor, Anda bisa kuras setidaknya 40% dari volume air akuarium total. Air memang menjadi faktor paling penting dan krusial apabila kita merawat ikan terutama ikan predator.

 

2. Mesin filter berjalan dan bersih

Seperti yang kita ketahui, ikan predator menghasilkan lebih banyak amonia daripada ikan hias non-predator. Untuk itu diperlukan mesin filter yang bisa berjalan maksimal selama hari-hari kita berpuasa, sehingga air cenderung bersih dan aman bagi ikan.

Bersihkan mesin filter terlebih dahulu, mungkin terdapat kotoran di bagian penyaringnya. Setelah itu pastikan mesin filter berjalan dengan lancar.

Dengan mesin filter yang berjalan dengan maksimal, kita tidak perlu khawatir lagi soal kualitas air karena mesin filter dapat menanganinya, sehingga tidak perlu repot-repot lagi menguras air akuarium lebih banyak lagi. Selain menguras tenaga tentunya juga menguras air untuk mengganti dengan yang lama.

 

3. Media filtrasi tidak kotor

Selain mesin filter yang harus berjalan dengan lancar dan juga bersih, media filtrasi juga harus bersih. Karena di tempat itulah air yang kotor akan diurai menjadi air yang bersih dan aman bagi ikan.

Lihat dan cek pada bagian media filtrasi, jika kotor dan terdapat kotoran kecil-kecil segera bersihkan. Dan apabila kapas penyaring yang biasa digunakan untuk media filtrasi secara mekanik itu kotor, usahakan ganti yang baru.

Sebenarnya kapas penyaring yang kotor bisa didaur ulang dengan cara merendamnya di dalam air, tetapi demi kualitas air yang lebih baik, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

 

4. Siap apabila listrik padam

Pikirkan kemungkinan apabila listrik yang berasal dari PLN itu padam. Apa yang harus dilakukan? Pastikan Anda memiliki aerator AC/DC.

Apa itu aerator AC/DC? Gampangnya adalah aerator yang dapat menyala meskipun tidak memakai listrik, karena pada dasarnya aerator AC/DC memakai baterai untuk menjalankannya.

Perkirakan juga ya baterainya, karena waktu yang dibutuhkan listrik ketika padam juga tidak bisa diprediksi. Kadang padam 4 jam, pernah juga 8 jam. Dan lebih baik perkirakan saja listrik padam selama 8 jam untuk lebih aman.

Aerator begitu penting bagi ikan, karena meskipun tanpa filter, ikan tetap bisa hidup (walaupun airnya kotor). Tetapi bayangkan yang terjadi apabila kandungan oksigen menipis ditambah lagi ikan predator yang banyak dalam satu akuarium serta padamnya listrik karena pihak PLN. Kematian secara bersamaan pun dapat terjadi akibat kehabisan oksigen.

Jika memang tidak sempat membeli aerator AC/DC, Anda bisa menciptakannya secara manual, seperti menuangkan air ke dalam akuarium sampai terbentuk gelembung oksigen, tetapi cara seperti itu pasti akan sangat melelahkan apalagi selama rentang waktu 4-8 jam.

 

5. Ikan pakan cukup untuk 1-2 minggu

Terakhir, jika Anda memelihara ikan predator, coba kira-kira atau juga bisa dihitung dengan ikan pakan segitu cukup atau tidak? Apabila memang belum cukup, segera beli.

Meskipun ikan predator adalah ikan yang tahan tidak makan selama 3 hari (atau bahkan ada yang lebih), sebaiknya tetap perhitungkan makanan ikan predator seperti biasanya ya (1x sehara/2x sehari) demi menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Tentu apabila kamu memelihara banyak ikan predator dalam satu akuarium tentu ini hal yang krusial.

Nah itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan jelang Bulan Ramadhan. Dengan kita memperhatikan hal-hal tersebut, pada saat kita akan lebih nyaman berpuasa karena telah melakukan persiapan yang matang menghadapinya. Sekian, maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *