Apa Itu White Spot? Berbahayakah Bagi Ikan?

Nakama Aquatics – Apakah ikan Anda pernah terkena penyakit yang membuat ikan Anda memiliki bintik-bintik putih? Itu tandanya ikan Anda terkena penyakit lho, namanya White Spot.

 

Apa itu White Spot?

Apa Itu White Spot? Berbahayakah Bagi Ikan?

Sumber gambar : Iwan Aya Aya Wae (Facebook)

 

White Spot (atau biasa juga dikenal “ich”) adalah penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit berbahaya. White Spot ini bisa dibilang momok yang ditakuti oleh para hobiis ikan lho. Kok bisa? Karena penyakit White Spot dapat menyerang hampir seluruh spesies ikan.

 

 

Apa penyebabnya?

 

Penyebab dari White Spot adalah parasit Ichtyophtirius multifilis. Parasit ini bisa menyerang ikan-ikan daerah dekat kutub maupun daerah tropis.

Pada saat fase berenang, Ichtyophtirius multifilis dapat langusng menyusup ke tubuh ikan. Biasanya sih tanaman air atau makanan ikan yang menjadi perantara parasit ini untuk masuk ke akuarium (atau bisa juga kolam.

Tapi hal ini tidak akan terjadi kok apabila air akuarium/kolam Anda memiliki kualitas yang sangat baik. Mengapa bisa begitu? Karena Ichtyophtirius multifilis pada saat fase berenang hanya dapat bertahan hidup selama beberapa jam saja sebelum menempel ke inangnya. Dan biasanya Ichtyophtirius multifilis akan segera mati ketika proses filtrasi air.

 

 

Apa akibatnya? Berbahayakah bagi ikan?

 

Ternyata White Spot amat sangat berbahaya. Bahkan ikan kesayangan kita pun jika terkena White Spot bisa mati mendadak lho.

Nah ini yang kerap kali dijumpai, banyak hobiis lupa atau bahkan tidak melakukan antisipasi ketika ikan mereka terserang White Spot. Padahal akibatnya cukup fatal bukan?

 

 

Apa tanda-tandanya dan bagaimana cara mencegahnya?

 

Awalnya sih ikan yang terserang White Spot tidak bertingkah seperti biasa, ikan ini tampak gelisah keliling kesana-kemari tanpa sebab. Bahkan di beberapa sumber menyebutkan bagian-bagian siripnya tampak gemetar, yah mungkin yang satu ini sih agak sulit mendeteksinya.

Seiring waktu jika dibiarkan, lama-kelamaan akan timbul sisik ikan yang semakin pucat. Tidak hanya itu lho, bahkan sisiknya bisa mengelupas.

Nah kalau sudah begitu, sebaiknya segera diberi penanganan khusus. Bagaimana caranya? Anda bisa memberi garam ikan, metanil biru, dan juga temperatur dengan suhu 30-32 derajat Celcius.

Supaya lebih jelas, Anda bisa baca 7 Tips Ampuh Hadapi Penyakit White Spot Pada Ikan Air Tawar

Bagaimana? Apakah pandangan Anda sudah mulai terbuka mengenai penyakit White Spot? Jadi sebenarnya White Spot juga tidak terlalu menakutkan, hanya saja jika kita tidak melakukan penanganan khusus ya ikan kesayangan kita bisa mati mendadak.

Semoga artikel seputar White Spot ini dapat bermanfaat bagi Anda. Apabila artikel ini memang bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada teman Anda ya.

2 thoughts on “Apa Itu White Spot? Berbahayakah Bagi Ikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *