4 Tips Menarik Dan Cerdas Berinvestasi Lewat Ikan

Nakama Aquatics – Dunia ikan hias selalu memliki peluang bisnis maupun investasi di dalamnya. Tidak heran beberapa orang menjadikan ikan hias sebagai tempat investasi. Berikut Nakama Aquatics merangkum 4 tips menarik dan cerdas berinvestasi lewat ikan.

 

Sebelum berbicara tentang tipsnya, mungkin ada yang meragukan seperti ini : “Investasi lewat ikan? Yang benar saja, bukannya itu bisa dilakukan di bidang seperti properti, reksa dana, dan logam mulia. Eiitss, jangan salah loh, jika kita jeli dunia ikan hias juga bisa kita jadikan sebagai ladang untuk menggandakan uang lebih banyak lagi.

 

1. Beli ikan yang banjir

Mungkin Anda bertanya, “Apa maksudnya beli ikan yang banjir? Banjir apanya?”. Maksudnya itu begini, ketika di pasar ada ikan yang biasanya jarang ditemui tetapi tiba-tiba jumlah penawarannya lebih banyak daripada jumlah permintaan. Jadi mendadak stok ikan tersebut banyak sekali. Kalau sudah begitu sudah pasti harga ikan akan turun drastis.

Sebenarnya itulah peluang kita bisa membeli ikan itu dengan harga yang lebih murah. Kemudian saat jumlah penawaran lebih sedikit daripada jumlah permintaan, yang mengakibatkan harga ikan mahal lagi, saat itulah kita menjual kembali ikan tersebut dengan harga yang lebih mahal.

Tetapi ketika melihat harga ikan yang tiba-tiba turun drastis jangan langsung bayar dan angkut aja. Tentu harus ada analisis terlebih dahulu. Kira-kira tren harga turun ikan tersebut terus berlanjut atau hanya sementara. Jika terus berlanjut, sebaiknya hindari membeli ikan tersebut. Tetapi jika hanya sementara, kenapa tidak membelinya saja?

Beresiko? Jelas, namanya juga investasi. Tetapi bukan masalah beresiko atau bukan, yang terpenting seberapa besar keuntungan yang diperoleh ketika investasi cara pertama ini berhasil. Fokus pada keuntungan, bukan resiko.

 

2. Manfaatkan lelang ikan dengan cerdas

Lelang adalah kegiatan yang umum dilakukan di media sosial seperti Facebook. Biasanya harga ikan di lelang memang bisa jadi lebih murah atau malah lebih mahal. Dari sini sudah kelihatan bahwa ada peluang membuat uang kita berlipat ganda.

Ketika Anda berada di posisi sebagai pelelang ikan, ketahui terlebih dahulu harga pasar ikan yang akan Anda lelang. Setelah mengetahui harga pasar ikan, Anda cari tahu apakah peminat ikan tersebut banyak atau sedikit. Jika sedikit sebaiknya tidak ambil resiko karena bisa jadi justru harga ikan menjadi lebih murah.

Yang akhirnya malah membuat Anda rugi. Lain ceritanya jika ikan tersebut langka dan banyak sekali peminatnya. Tanpa berpikir dua kali, langsung saja lelang ikannya karena itu adalah kesempatan.

Kemudian saat Anda berada di posisi yang mengikuti lelang ikan ada tips tersendiri. Sebaiknya tunggu waktu lelang ikan hampir selesai. Setelah itu Anda bisa langsung bid ikan tersebut. Kebiasaan seperti ini sering disebut sniper yang tiba-tiba ikut menjelang periode lelang akan berakhir. Ada hal yang juga ahrus diperhatikan sebelum menjadi seorang sniper di acara lelang.

Anda harus mengetahui harga pasar ikan tersebut terlebih dahulu. Jangan-jangan harga ikan sudah kelewat mahal? Sebaliknya, jika harga ikan masih murah dan di bawah harga pasar, tunggu apa lagi? Tidak perlu berpikir lama, langsung ikuti saja lelangnya dengan menjadi seorang sniper.

 

3. Berinvestasi untuk harga jual ikan

Contoh berinvestasi untuk harga ikan jual ikan itu begini, misalkan jika anda mula-mula memiliki budget sekitar 3 juta. Anda menggunakan 3 juta tersebut untuk membeli ikan Arwana sekaligus dengan operasionalnya. Nah di kemudian hari ikan Arwana tersebut nilainya bisa naik berkali-kali lipat hingga 20 juta. Itulah contoh dari investasi untuk harga jual ikan.

Yang awalnya hanya memiliki budget 3 juta, tetapi karena harga jual ikan Arwana lebih tinggi daripada harga belinya, Anda bisa memanfaatkan hal yang seperti itu.

Tips yang ketiga ini juga sering dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melipatgandakan uang yang mereka miliki. Daripada hanya mengandalkan bunga yang diberikan bank, sudah pasti berinvestasi untuk harga jual ikan jauh lebih menguntungkan.

 

4. Belilah ikan dari hobiis yang bosan

Ini adalah cara yang unik untuk mendapatkan ikan dengan harga murah. Biasanya ketika ada hobiis yang sedang bosan, mereka sebisa mungkin menjual ikan dalam waktu yang singkat. Karena butuh waktu yang singkat itulah harga ikan dari hobiis yang bosan biasannya cenderung lebih murah daripada harga pasar ikan tersebut.

Jika Anda menemui postingan di media sosial seperti Facebook sejenis “Dijual cepat karena bosan”. Langsung saja kontak orang tersebut dan tanyakan harganya. Ada kemungkinan besar harganya akan jauh lebih murah. Apakah itu cukup? Belum, coba tawar agar harganya lebih murah lagi.

Tetapi ingat ya, tawar harga sewajarnya saja. Apabila dalam kesepakatan terakhir harga ikan tersebut di bawah harga pasar, Anda bisa langsung mengambil tindakan untuk membeli ikan tersebut.

Tapi bagaimana jika harganya sama saja atau bahkan lebih mahal daripada harga pasar? Coba tawar. Jika tetap tidak bisa? Cari yang lain saja dan jangan dipaksakan daripada membuatnya tersingung, masih banyak kok hobiis ikan lain yang sedang bosan. Intinya, setelah mendapat ikan tersebut dengan harga yang murah (dan di bawah harga pasar), Anda bisa menjual ikan tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

Dan itulah keempat tips yang menarik dan cukup cerdas apabila Anda ingin berinvestasi melalui ikan. Kenyataannya dunia ikan masih bisa membuka ladang investasi bagi siapapun yang ingin mencobanya. Gagal? Coba lagi dan jangan menyerah. Sebenarnya investasi itu menyenangkan kok, tinggal bagaimana cara pandang dan cara kita menikmatinya. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat bagi Anda.

One thought on “4 Tips Menarik Dan Cerdas Berinvestasi Lewat Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *